Sungai Cireong Sudah Diusulkan Sebagai Wisata Rintisan di Ciamis

Objek wisata Sungai Cireong di wilayah Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Foto: Tantan/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Ciamis menyatakan sudah mengusulkan kawasan objek wisata Sungai Cireong sebagai kawasan wisata rintisan milik pemerintah daerah.

Kepala Bidang Destinasi Disparekraf Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia, ketika ditemui Koran HR, Selasa (20/02/2018), membenarkan, pihaknya sudah mengusulkan agar kawasan objek wisata Sungai Cireong menjadi wisata rintisan.

“Awalnya wisata ini kami masukan pada jenis destinasi rintisan, tapi kesininya belum ada koordinasi dengan pengelola di lapangan dan pemerintah desa. Untuk itu, sekarang masih dikelola oleh Bumdes,” katanya.

Budi menjelaskan, pengembangan kawasan objek wisata Sungai Cireong tergantung pengelola, baik Pemerintah Desa Sukaresik ataupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Informasi yang berhasil dihimpun Koran HR, kawasan objek wisata Sungai Cireong yang terdapat di wilayah Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, menjadi salah satu lokasi alternatif yang murah meriah untuk mengisi liburan akhir pekan.

Kawasan objek wisata Sungai Cireong ini belakangan viral di media sosial lantaran menawarkan keindahan panorama alam dan air jernih. Lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Sawal menawarkan suasana yang nyaman bagi pengunjung.

“Jarak dari jalan raya Sindangkasih ke lokasi ini mencapai sekitar 5 kilometer. Di sungai itu, baik orang dewasa maupun anak-anak bisa berendam, berenang atau hanya sekedar bermain air,” kata Yana seorang pengunjung, Minggu (18/02/2018).

Senada dengan itu, Fitri, pengunjung asal Tasikmalaya, mengaku, mengetahui lokasi kawasan objek wisata Sungai Cireong dari facebook. Karena penasaran, dia sengaja datang bersama teman-temannya untuk mengisi liburan.

Indra, warga Sukaresik, menuturkan, setiap akhir pekan pengunjung yang datang mencapai ratusan. Menurut dia, kawasan objek wisata Sungai Cireong awalnya dikelola secara swadaya dan kemudian dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). (Tan/Koran HR)

KOMENTAR ANDA