Tolak Permenhub No 108, Driver Transportasi Online di Ciamis Ancam Mogok Massal

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebagai bentuk solidaritas antar sesama pengemudi transportasi online atas penolakan berlakunya Permenhub nomor 108 tahun 2017, seluruh driver online se-Indonesia akan melakukan mogok massal pada Senin (05/02/2018) mendatang, termasuk di wilayah Ciamis.

Seperti yang diungkapkan Koordinator Driver Transportasi Online Kabupaten Ciamis, Teguh Aris Tokrak, bahwa Senin besok semua driver transportasi online dari berbagai perusahaan akan melakukan mogok massal selama 1 hari penuh. Hal itu menyusul pemberlakukan regulasi Permenhub nomor 108 tahun 2017 tersebut serta sebagai peringatan terhadap penyedia aplikasi transportasi berbasis online yang ada di Indonesia.

“Bahwa seluruh bisnis penyedia aplikasi online tak ada artinya tanpa ada mitra driver seperti kita ini,” tegas Teguh kepada HR Online, Sabtu (03/02/2018).

Menurutnya, penyedia aplikasi transportasi berbasis online tersebut diharapkan jangan sampai semena-mena, terutama dalam menurunkan program bonus bagi mitra driver. Hal itu, kata ia, agar pihak aplikator aplikator tidak akan melakukan pemutusan kontrak kerja sama secara sepihak dengan mitra. 

“Apa yang akan rekan-rekan lalukan ini, dikarenakan bisnis aplikasi yang dibangun oleh Uber, Grab dan Gojek, bisa besar apabila banyak orang yang mendaftar, seperti mitra driver dan mitra rider,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, apabila seluruh driver melakukan mogok atau offline secara nasional, maka penyedia aplikasi akan mengalami kerugian yang bisa mencapai Rp. 1 miliar lebih. Maka dari itu, langkah ini dinilainya sebagai langkah tepat agar aplikator juga mengabulkan keinginan mitra driver.

“Ayo sahabat driver online gerakkan off line 1 hari untuk keberlangsungan masa depan kita dan keluarga,” tegasnya. (Tan/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar