Upaya Tingkatkan Kesejahteraan, Pemkot Banjar akan Verifikasi Tenaga Honorer

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, beserta instansi terkait lainnya dan sejumlah tenaga honorer, usai menggelar pertemuan membahas soal rencana verifikasi tenaga honorer. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kota Banjar berencana mengupayakan pengangkatan bagi para tenaga honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS. Namun, seluruh honorer yang ada terlebih dahulu akan diverfikasi.

Seperti yang dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, H. Supratman, kepada Koran HR, Selasa (06/02/2018). Dalam hal ini, pihaknya bersama pihak terkait lainnya dan sejumlah tenaga honorer telah mengadakan pertemuan di Gedung Pusda’I, Sabtu (03/02/2018). Inti dari pertemuan itu membahas bahwa semua tenaga honorer akan diverifikasi.   

Supratman menjelaskan, upaya itu dilakukan tiada lain sebagai bentuk rencana peningkatan kesejahteraan, yang nantinya bisa dikategorikan honorer K2, sesuai aturan yang berlaku yaitu PP Nomor 43, PP Nomor 48 dan PP Nomor 56.

“Bagi yang lolos verifikasi K2 akan diusulkan masuk di data base nasional. Mengenai pengangkatan CPNS, itu tergantung kebijakan dari pusat. Yang jelas kita rencana coba usulkan CPNS ke pusat,” jelasnya.

Untuk proses verifikasi honorer, saat ini BKPPD baru sedang menyiapkan Surat Edaran Walikota yang ditujukan ke setiap OPD untuk pemberkasan. Intinya, proses verifikasi honorer di Kota Banjar kini sedang dilakukan.

Pihaknya juga mewanti-wanti kepada masyarakat atau para tenaga honorer agar waspada terhadap orang yang tidak bertanggungjawab. Jangan sampai ada lagi korban penipuan yang dijanjikan bisa masuk menjadi sukwan, bahkan dijanjikan CPNS.

“Masyarakat harus lebih berhati-hati atas janji-janji yang berkedeok penipuan,” tandas Supratman.

Menanggapi hal itu, Ketua Bidang Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan PGRI Kota Banjar, Ruhimat, mengaku bersyukur karena akhirnya Pemkot Banjar melalui BKPPD akan meminta para tenaga honorer mengumpulkan lagi berkas persyaratan pengangkatan CPNS.

“Sejumlah honorer pasti akan kumpulkan dan menyerahkan berkas persyaratan ke BKPPD, untuk diverifikasi oleh Inspekstorat guna diajukan K2 susulan. Tentunya jika lolos K2 akan diajukan ke Kemenpan-RB,” katanya.

Bila proses verifikasi selesai, Pemkot Banjar selanjutnya akan mengeluarkan surat pertanggungjawaban mutlak dan surat dukungan pengangkatan CPNS. Selain itu, Pemkot Banjar juga rencananya akan meminta ke Kemenpan-RB agar pengangkatan CPNS untuk Kota Banjar diambil dari tenaga honorer.

“Kemudian, kabar gembira lainnya bagi para tenaga honorer, bahwa Pemkot Banjar akan segera mencairkan insentifnya,” tukas Ruhimat. (Nanks/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar