Awasi Pilkada Ciamis 2018, Panwaslu Libatkan Kaum Disabilitas

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk mengawasi penyelenggaraan Pilkada Ciamis tahun 2018 ini, sekaligus mencegah terjadinya kecurangan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melibatkan para penyandang disabilitas. Sebab, dengan keterbatasannya itu, kaum minoritas berpotensi dimanfaatkan oleh oknum dalam memilih salah satu calon.

Hal itu dikatakan Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan, Kamis (29/03/2018). Menurutnya, oknum tersebut bisa saja memanfaatkannya dengan cara digiring dan diiming-iming, baik dengan money politik, intimidasi, atau berbagai cara lainnya yang melanggar aturan Pilkada.

“Guna mencegah hal itu, mereka diberikan pemahaman supaya tidak mudah terpengaruh dengan hal negatif dalam proses Pilkada. Karena, pemilih disabilitas juga sama warga negara. Meskipun minoritas, tapi tentunya harus diakomodir, terutama dalam pengawasan partisipatif,” terangnya.

Lanjut Uce, minimal penyandang disabilitas di Kabupaten Ciamis bisa menjaga diri terhadap berbagai potensi kecurangan. Sehingga mereka bisa membantu pihaknya ketika terjadi pelanggaran.

Penyandang disabilitas di Kabupaten Ciamis yang dilibatkan itu mulai dari tuna netra, tuna rungu dan tuna daksa. Panwaslu berharap, para penyandang disabilitas tersebut antusias dalam menyalurkan hak pilihnya, sera bisa lebih paham saat melakukan pencoblosan dengan benar.

Sementara itu, Dodo Zakari, salah seorang penyandang disabilitas, mengaku senang diajak berpartisipasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi kali ini. “Kami sebagai penyandang disabilitas siap berpartisipasi dalam Pilkada ini, guna menghasilkan pemimpin Ciamis yang berkualitas,” tandasnya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA