Bahaya, Hindari Segera Kebiasaan Menunda Kencing!

Ilustrasi. Foto : Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Menunda-nunda buang air kecil (kencing) akan menimbulkan resiko pada kesehatan tubuh anda. Bahkan jika hal itu rutin dilakukan hingga bertahun-tahun akan menyebabkan gangguan pada kandung kemih.  

Dilansir Science Alert, Kamis (08/03/2018), Michael Aranda, menuturkan, saat menunda kencing kumpulan serabut otot (sfingter silinder) yang terdapat di kandung kemih akan menutup dan menahan air kencing keluar dari uretra.

“Kebiasaan menahan buang air kecil seperti ini bisa jadi masalah ketika dilakukan secara terus-menerus,” katanya.

Bahkan, menurut Michael, kebiasaan menahan kencing juga memiliki efek jangka panjang serta berisiko mengalami infeksi serius. Contohnya yaitu pelemahan otot kandung kemih. Dalam kondisi ini, terjadi retensi urin atau selalu merasa ingin kencing tapi air kencing tidak keluar.

Selain itu, kata Michael, menunda buang air kecil juga dalam waktu lama juga mengundang bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih (ISK).

Dalam kesempatan itu, Michael menceritakan peristiwa yang dialami serang astronom Denmark bernama Tycho Brahe. Tycho dikabarkan meninggal dunia setelah sebelumnya memiliki kebiasaan menunda buang air kecil.

Pada kasus Tycho, infeksi saluran kemih menjadi salah satu sinyal tanda kandung kemih mengalami kerusakan. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar