Baru Dibangun, TPT Jalan di Ciamis Ini Sudah Ambruk

Tembok Penahan Tebing (TPT) jalan di Dusun Mulyasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis yang ambruk. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tembok Penahan Tebing (TPT) jalan di Dusun Mulyasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, ambruk. Selain disebabkan karena intensitas hujan yang tinggi, warga menduga kejadian itu disebabkan karena pengerjaan TPT dilakukan secara asal.

Mursid, warga Sindangsari, ketika ditemui Koran HR, Selaa (27/02/2018), menuturkan, TPT jalan tersebut ambruk dua minggu lalu. Menurut dia, TPT itu tidak mampu menahan derasnya air yang datang dari selokan tajug.

“Selama ini, bila terjadi hujan, air terkadang meluap hingga menutupi bahu jalan,” katanya.

Lebih lanjut, Mursid mengaku khawatir, seandainya ambruknya TPT jalan itu tidak segera ditindaklanjuti, dampak negatif kerusakan akan semakin meluas. 

Warga yang enggan disebutkan namanya, menilai, TPT jalan itu ambruk karena pada saat dibangun, dikerjakan secara asal-asalan. Menurut dia, sepintas saja terlihat, pondasi TPT sangat dangkal, sehingga tidak mampu bertahan jika diterjang air deras. 

Sekretaris Desa Sindangsari, Yayat Hidayat, ketika dihubungi Koran HR, Selasa (27/02/2018), membenarkan bahwa TPT jalan itu ambruk sekitar dua pekan lalu. Terkait tudingan pengerjaan yang asal, pihaknya menilai hal itu sebagai sesuatu yang wajar.

“Sebab TPT masih terbilang baru selesai dibangun beberapa bulan yang lalu. TPT itu dikerjakan oleh pihak ketiga. Kami berharap dinas terkat segera memperbaikinya,” kata Yayat. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA