Begini Pendapat Bill Gates Soal Mata Uang Virtual

 

Ilustrasi. Foto: Ist/ Net

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Co-Founder Microsoft, Bill Gates, menilai mata uang virtual atau digital (cryptocurrency) memiliki pengaruh yang buruk. Pasalnya, penggunaan mata uang virtual berpotensi bagi orang untuk bersekongkol menutup-nutupi transaksi finansial dari negara.

Dilansir dari Tekno Kompas.com, penilaian itu disampaikan Bill Gates pada acara “Ask Me Anything” yang digelar Forum Reddit, beberapa waktu lalu.  

Bill Gates juga menyayangkan revolusi blockchain yang kini banyak disalahgunakan untuk penyalahgunaan dan peredaran narkoba, tindak kriminal keuangan serta terorisme.

Menurut Bill Gates, teknologi langka mata uang virtual atau cryptocurrency yang digunakan untuk tidak kejahatan tersebut bisa menyebabkan kematian secara tidak langsung.  

Penilaian Bill Gates sepertinya tidak salah sepenuhnya. Soalnya, di sejumlah negara disebutkan, mata uang virtual seringkali disalahgunakan untuk membiayai aksi kriminal, misalnya terorisme dan pencucian uang.

Apalagi, Fitur cryptocurrency merupakan anonim. Dengan kata lain, teknis transfer uang digital sulit dilacak bila dibandingkan dengan transfer uang tunai. Transfer uang tunai dengan nominal besar menarik kecurigaan otoritas keuangan, sedangkan transfer uang digital sulit terdeteksi.

Meski begitu, pendapat lain mengungkapkan, di sejumlah negara maju, pemanfaatan teknologi dengan baik bisa menekan angka kejahatan yang diduga melibatkan mata uang digital atau crytocurrency.

Bahkan, mata uang virtual atau cryptocurrency dinilai memiliki dua sisi, yang tidak selamanya gelap. Salah satu buktinya, beberapa waktu lalu UNESCO berhasil menggalang dana dari penambang cryptocurrency di seluruh penjuru dunia untuk membantu korban perang Suriah. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar