Data Sementara, di Kalapasawit Ciamis Sebanyak 54 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung

Rumah warga yang terdampak angin puting beliung di Dusun Sukabagja, Desa Kalapasawit yang kini rata dengan tanah. Foto: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Angin puting beliung yang terjadi Rabu (21/03/2018) kemarin membuat sebagian warga di wilayah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis dan sekitarnya berduka. Sebab, angin kencang yang merobohkan pepohonan itu juga berdampak kerusakan pada ratusan rumah warga.

Seperti yang terjadi di Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, data sementara tercatat sebanyak 54 rumah tertimpa pohon dengan kerusakan variatif, yakni ringan, sedang dan berat. Tak hanya rumah, beberapa tempat usaha serta peternakan milik warga juga terkena ganasnya angin hingga pepohonan menimpa tempat usaha tersebut.

Saat dihubungi HR Online, Kepala Desa Kalapasawit, Taryan, melalui Pupung Kusdinar, Kasi Kesejahteraan Desa Kalapasawit, membenarkan data sementara tersebut. berdasarkan catatan laporan yang masuk ke desa, sementara berasal dari Dusun Kalagada dan Dusun Sukabagja.

“Tadi malam dari Tim Tagana, BPBD serta petugas dari kepolisian dan TNI dibantu warga langsung melakukan evakuasi di rumah korban tertimpa pohon. Adapun rumah yang hancur rata dengan tanah, saat ini masih bertahan di lokasi dan mendapat bantuan berupa tenda dari BPBD,” terang Pupung, Kamis (22/03/2018).

Ia menambahkan, jumlah korban bencana masih terus didata oleh pemerintah desa yang mana nantinya akan dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui BPBD. Meskipun saat ini masih tercatat 54 rumah, namun ia memprediksi akan bertambah lagi.

“Itu jumlah di desa kami. Di desa lain kita belum tahu berapa totalnya. Setahu saya, di wilayah Kecamatan Lakbok yang mengalami musibah ini di antaranya di Desa Kalapasawit, Baregbeg, Tambakreja, Cintajaya dan Cintaratu,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar