Deteksi Kondisi Kesehatan Tubuh Melalui Warna Air Kencing

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Ada berbagai cara untuk mengetahui kondisi tubuh kita, salah satunya dengan melihat urine. Warna urine yang kita lihat saat buang air kecil merupakan cerminan dari kondisi kesehatan tubuh.

Berikut ini arti warna urine dari sisi kesehatan yang dirangkum HR Online dari dailystar.co.uk.

# Jerami pucat

Urine berwarna jerami pucat bisa menandakan bahwa tubuh dalam keadaan normal dan tingkat konsumsi air cukup baik. Menurut Dr Luke Powles dari Bupa Health Clinics, apabila air seni yang tadinya berwarna jerami pucat berubah menjadi lebih terang, maka itu tandanya Anda meminum air lebih banyak dari kebutuhan sehari-hari.   

# Jingga kekuningan atau kuning gelap

Warna urine gelap kebalikan dari warna jerami pucat, artinya Anda harus banyak minum karena kekurangan cairan yang ada dalam tubuh. Dan apabila berwarna jingga kekuningan, maka Anda perlu meminum lagi beberapa gelas.

# Merah

Hati-hati jika warna air seni berwarna merah, karena bisa jadi ada masalah kesehatan di tubuh Anda. Dr Luke Powles mengatakan, asal urine berwarna merah bisa dari darah yang menandakan adanya problem kesehatan, seperti infeksi tertentu, ginjal, kandung kemih, sampai kanker.

Sementara dikutip dari artikel yang dimuat di Southern Medical Journal tahun 2012, air seni berwarna merah baik merah muda sampai tua, bisa diartikan adanya hematuria, yaitu penyakit yang ditandai adanya darah di dalam air seni.

Namun, warna merah yang dihasilkan dari urine tidak selamanya menandakan bahaya. Bisa jadi warna merah dihasilkan setelah mengkonsumsi makanan seperti buah naga atau bit. Apabila warnanya dari makanan berarti tidak mengindikasikan bahaya dalam tubuh.

# Hijau

Air seni berwarna hijau bisa disebabkan karena habis konsumsi makanan yang mengandung pewarna kuat sehingga tidak bisa diserah oleh usus, atau makan asparagus.

Warna hijau juga bisa dikarenakan adanya beberapa nanah dalam air kencing, yang penyebab utamanya karena adanya infeksi saluran kemih. Atau bisa juga disebabkan karena obat-obatan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar