Di Banjar, Festival Sholoawat Nusantara Bakal Digelar

Panitia FSN saat menggelar rapat di salah satu panitia. Foto: Nanang Supendi/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Festival Sholawat Nusantara (FSN) memperebutkan piala presiden akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kota Banjar pada bulan April 2018 mendatang.

Hal itu terungkap saat panitia pelaksana, yang di dalamnya dari berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) keagamaan dan kepemudaan Kota Banjar menggelar rapat persiapan di salah satu rumah panitia di Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Sabtu (10/03/2018).

Sekretaris Panitia (FSN) tingkat Kota Banjar, Muchtar, menjelaskan, acara festival ini tiada lain sebagai bentuk mengingatkan kembali ruh ajaran Islam untuk meneladani akhlak Rasulullah Nabi Muhamad SAW. Selain itu, juga upaya mengangkat kekayaan Islam nusantara di mana tradisi dan kearifan lokal perlu dirawat bersama.

“FSN yang akan kita laksanakan ini berupa lomba Kasidah, Hadroh, Akapela, dan seni keislaman lainnya dari berbagai ragam kelompok pengajian, pesantren, mahasiswa, dan berbagai majelis keagamaan di masyarakat,” ucap Muhtar yang juga selaku pengurus PAC GP Ansor Kota Banjar.

Menurutnya, lomba ini berjenjang, mulai antar kecamatan, lalu kota, antar provinsi hingga tingkat nasional. Pada acara di tingkat kecamatan, nantinya bisa diikuti setiap desa/kelurahannya dengan minimal 3 kelompok peserta. Setiap juara, lanjutnya, akan berlomba kembali di tingkat Kota Banjar.

“Semoga selanjutnya perwakilan Kota Banjar saat di perhelatan provinsi Jabar bisa menembus lomba tingkat nasional,” harap dia.

Acara ini dilaksanakan oleh dan atas kerjasama beberapa lembaga seperti Ansor, IPNU, PMII, dan sejumlah Ormas keislaman dan kepemudaan di Kota Banjar. Kemudian dia menandaskan FSN terlepas dari kepentingan politik apapun.

“Yang jelas ini sesuatu acara baru, yang dibiayai negara. Intinya, sebagai inisiatif untuk lebih mengedepankan ajaran Islam yang damai dan menumbuhkan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW,” tukasnya. (Nanks/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar