Di Ciamis, Penjualan BBM Jenis Premium Menurun 40 Persen

 

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- PT. Pertamina (Persero) menyebutkan bahwa penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di wilayah Kabupaten Ciamis mengalami penurunan sekitar 40 persen. Penurunan itu terlihat pada akhir tahun 2017.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati, dilansir dari Inews Finance, Jum`at (30/03/2018), menuturkan bahwa berdasarkan data penjualan, penurunan terjadi pada penjualan BBM jenis premium.

“Penurunannya mencapai 40 persen. Pada tahun 2016, penjualan BBM premium mencapai sekitar 53.800 kiloliter (KL). Sedangkan tahun 2017, penjulan BBM premium hanya 21.456 kiloliter (KL),” katanya.

Menurut dia, khusus untuk wilayah Kabupaten Ciamis, Pertamina masih akan menyediakan BBM jenis premium. Dari total 20 SPBU, BBM Premium tersebut akan tersedia di 9 SPBU. Kebijakan itu sengaja dikeluarkan karena masih ada sebagian masyarakat Kabupaten Ciamis yang memerlukan BBM jenis Premium.

Di balik semua itu, Dian menjelaskan, penurunan penjualan BBM jenis premium menunjukkan bahwa masyarakat di Kabupaten Ciamis sudah mulai beralih ke BBM dengan kualitas lebih bagus.

“Tapi, sesuai arahan dari pemerintah, Pertamina masih akan menyediakan BBM jenis premium bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang SPBU Hiswana Migas Priangan Timur, Dudung, membenarkan bahwa mayoritas konsumen di wilayah Priangan Timur sudah beralih dari Premium ke Pertalite.

“Rata-rata masyarakat umum dan angkutan sudah pakai Pertalite. Soalnya, oktan Pertalite lebih bagus dari Premium. Selain itu lebih terjangkau dari Pertamax,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar