Di Ciamis Sering Terjadi Puting Beliung, Pemkab Diminta Keluarkan Surat Himbauan Ini

Salah satu rumah warga di Dusun Karangkamulyan RT 02/RW 03, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon besar menyusul angin puting beliung melanda daerah tersebut, Rabu (21/03/2018) sore. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bencana angin puting beliung di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (21/03/2018) sore, tampaknya tak hanya terjadi di Kecamatan Pamarican, tetapi bencana serupa juga melanda Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing. Di Karangkamulyan, dilaporkan satu rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang yang tersapu angin kencang.

Kepala Desa Karangkamulyan, Mohammad Abdul Haris, mengatakan, sering terjadinya bencana puting beliung di wilayah Kabupaten Ciamis kini menimbulkan kecemasan di masyarakat, terutama yang di sekitar rumahnya terdapat pohon besar. “Kalau pohon besar itu terdapat di pekarangan rumah warga, mungkin dengan inisiatifnya akan ditebang sendiri. Tapi kalau pohon besar itu berada di areal kebun yang bersebelahan dengan rumah warga, namun berbeda pemiliknya, seringkali menjadi masalah,” ujarnya, kepada HR Online, Kamis (22/03/2018).

“Karena ketika pemilik rumah meminta kepada pemilik kebun agar pohon besar itu ditebang, seringkali tidak menggubrisnya. Tetapi ketika pohon besar itu roboh dan menimpa rumah warga, pemilik kebun terkadang tidak mau bertanggungjawab. Disini selalu menjadi permasalahan,” ujarnya.

Karena itu, Haris mengatakan, pihaknya meminta Pemkab Ciamis melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan surat himbauan tentang penebangan pohon besar yang membahayakan jiwa dan rumah menyusul sering terjadinya angin puting beliung di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Kalau ada surat himbauan dari Pemkab Ciamis, pastinya kami dari pemerintahan desa akan lebih kuat dalam menyosialisasikan kepada warga. Dan hal itu harus segera dilakukan oleh Pemkab sebagai upaya meminimalisir dampak dari bencana puting beliung,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu rumah warga di Dusun Karangkamulyan RT 02/RW 03, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon mahoni besar menyusul angin puting beliung melanda daerah tersebut pada Rabu (21/03/2018) sore. Akibatnya, atap dan genting rumah pecah dan menyebabkan air hujan membanjiri kamar dan dalam rumah. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA