Distan Pangandaran Alokasikan Rp. 20 Miliar untuk Tanaman Panganda dan Hortikultura

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pangandaran, Tina Maryana, saat menanam cabe. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran menganggarkan Rp. 20 miliar untuk tanaman pangan dan hortikultura guna menunjang program swasembada pangan di Pangandaran.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Pangandaran, Agus Satriadi, bahwa pelaksanaan program tersebut nantinya akan dikawal oleh Tim Pangawalan dan Pengawasan Pembangunan Daerah (TP4D) Pangandaran. Adapun rencana pelaksanaan program tersebut, pihaknya telah mempresentasikan ke TP4D yang mana terdiri dari Kejaksaan Negeri Ciamis serta unsur Kepolisian Polres Ciamis.

“Yang sudah berjalan di antaranya program untuk tanaman pangan seperti program penanaman padi, jagung dan kedelai (pajale) yang bersumber dari APBN,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pangandaran, Tina Maryana, mengatakan, bahwa untuk program tersebut anggarannya sebesar Rp. 16.328.075.000. Dari anggaran tersebut, di antaranya untuk padi sebesar  Rp.793.625.000, jagung Rp.1.254.450.000 dan kedelai sebesar Rp.14.280.000.000.

“Untuk anggaran pelaksanaan program tanaman hortikultura, kita alokasikan sebesar Rp.4 miliar. Anggaran tersebut untuk tanaman cabe yang bersumber dari APBD Provinsi sebesar Rp. 800 juta dan Rp. 725 juta dari APBN,” jelasnya.

Tina menambahkan, selain tanaman jenis cabe, juga terdapat program penanaman manggis serta durian dari APBD Provinsi sebesar Rp. 500 juta dan APBN sebesar Rp. 250 juta untuk penanaman manggis. Sedangkan untuk penanaman pisang dari APBN yang lewat APBD Provinsi sebesar Rp. 1.210.000.000.

Selain tanaman tersebut, imbuh Tina, terdapat juga program penanaman jeruk sebesar Rp. 550 juta yang bersumber dari dana APBD Proinsi Jabar. “Alokasi program ini nantinya akan diberikan ke kelompok tani dan disebar merata ke semua yang ada di Pangandaran,” pungkasnya. (Mad2/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar