DPKP Ciamis Akan Salurkan Traktor kepada 20 Poktan

 

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis rencananya akan menyalurkan bantuan 20 unit traktor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada 20 kelompok tani (Poktan).

Kepala DPKP Kabupaten Ciamis, Ir. Hj. Kustini, M.P, ketika ditemui HR Online, Kamis (29/03/2018), menuturkan, pihaknya sudah mengajukan sekitar 58 unit traktor kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.  

“Baru terealisasi 20 unit, sisanya akan diberikan secara bertahap,” katanya.

Kustini menjelaskan, sejak tahun 2014 hingga 2018 pihaknya sudah menyalurkan sebanyak 800 unit traktor kepada 800 kelompok tani. Menurut dia, jumlah kelompok tani aktif yang ada di Kabupaten Ciamis saat ini mencapai 2.500.

“Masih banyak kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan traktor dari pemerintah. Dan jika tidak ada traktor, petani tidak akan bisa menggarap sawah. Sedangkan bagi yang sudah menerima traktor, mereka bisa menggarap sawah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kustini menegaskan, bantuan traktor tersebut sifatnya disewakan kepada anggota kelompok. Hasil sewa traktor kemudian dikelola kelompok untuk biaya pemeliharaan traktor.

Kustini menambahkan, untuk keperluan menggarap sawah, kelompok tani yang belum mendapat bantuan bisa menyewa traktor kepada kelompok yang sudah mendapatkannya. (Es/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA