DPU Pangandaran Bentuk Petugas Khusus Pembersih Bahu Jalan

Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum KAbupaten Pangandaran, saat membersihkan bahu jalan provinsi di salah satu wilayah yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Untuk terciptanya rasa aman dan nyaman para pengguna jalan, seluruh bahu jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mulai rutin dibersihkan oleh petugas khusus yang telah dibentuk.

Pemeliharaan jalan atau bahu jalan juga untuk mempertahankan kondisi jalan sesuai dengan tingkat pelayanan, dan kemampuannya pada saat jalan tersebut selesai dibangun dan dioperasikan sampai tercapainya umur rencana yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pangandaran, Jaja Nurulhuda, mengatakan, petugas pembersih bahu jalan dan saluran terdiri dari tiga tim dengan jumlah per timnya lima orang. Ada petugas teknis dan petugas administrasi.

“Saya harap dengan adanya pemeliharaan bahu jalan dan salurannya, jika musim hujan drainase tersebut tidak tersumbat, dan meminimalisir genangan air di badan jalan. Sehingga, badan jalan akan awet dan tahan lama,” terangnya, Rabu (14/03/2018).

Jaja juga mengatakan, pemeliharaan bahu jalan juga untuk menjaga keindahan dan kebersihan guna terciptanya Kabupaten Pangandaran sebagi kabupaten wisata yang mendunia.

Sementara itu, Idin, salah seorang petugas pembersih bahu jalan, mengatakan, pemeliharaan saluran di tepi kiri dan kanan jalan menjadi penting supaya air mengalir dengan lancar. Karena, genangan air akan melemahkan struktur jalan secara menyeluruh.

“Pemeliharaan jalan dan bahu jalan secara berkala tentunya akan sangat bermanfaat guna menjaga kondisi jalan. Selain membuat nyaman pengguna jalan, juga akan terlihat lebih indah setelah dilakukan pembersihan,” ujar Idin.

Terkait hal itu, salah seorang pengguna jalan, H. Asep, mengatakan, dengan perawatan yang rutin, dipastikan kekuatan dan daya tahan jalan pun akan lebih awet lagi. “Semoga ke depannya dilengkapi pula sarana pendukung lainnya, seperti lampu penerangan bisa bertambah. Karena sekarang ini masih banyak jalan yang belum dilengkapi lampu penerangan,” harap Asep. (Cenk/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA