Gelar Upsus Pajale, Dinas Pertanian Pangandaran Ajak Petani Wujudkan Swasembada Pangan

Sosialisasi upaya khusus padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) kepada para petani yang berlangsung di Gedung IC Cijulang. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran menggelar sosialisasi upaya khusus padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale) kepada para petani yang berlangsung di Gedung IC Cijulang, Kamis (15/03/2018).

Selain dihadiri oleh para petani, kegiatan tersebut juga dihadiri para Camat yang ada di Pangandaran, Pejabat di lingkup Setda Pangandaran maupun pejabat di Dinas Pertanian.

Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Pangadnaran, Apip Winayadi, menyampaikan, pihaknya mengajak kepada para petani yang ada di Pangandaran untuk bersama-sama pemerintah untuk mewujudkan Pangandaran sebagai daerah wisata. Maka dari itu, berbagai bidang, terutama pertanian harus seiring dengan visi Kabupaten Pangandaran sebagai daerah wisata berkelas dunia.

“Kami mengajak semuanya untuk mewujudkan swasembada pangan sebagai upaya dalam ketahanan pangan serta menghimbau kepada Gapoktan yang ada di Pangandaran untuk memanfaatkan seluruh dukungan yang diberikan dari pemerintah. Sebab, pemerintah mendukung petani demi peningkatan indeks keberhasilan petani,” pungkasnya.

Sementara itu, Ghanny F. Basyah, Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, mengatakan, bahwa swasembada Pajale merupakan kebutuhan dasar. Maka dari itu, isu kedaulatan pangandaran serta kerawanan pangan sangat penting. Sebab, itu kebutuhan dasar yang harus diperhatikan oleh semua pihak.

“Dengan jumlah penduduk sekitar 406.168 jiwa dengan kebutuhan perkapita 120 kilogram per jiwa, kebutuhan pangan 48.740 ton dan kondisi produksi beras pada tahun  2017 mencapai 192.000 ton per jiwa. Alhamdulilah bahan pangan di kabupaten Pangandaran surplus,” katanya. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar