Genggam Tangan Pasangan saat Sakit, Ini Reaksinya!

Ilustrasi. Foto: Ist/ Net

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Peneliti Universitas Colorado Boulder dan Universitas Haifa mengungkapkan bahwa genggaman tangan pasangan mampu meredakan rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada bagian tubuh.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Proceedings of National Academy of Sciences (PNAS), yang dilansir dari Sains Kompas.com, Minggu (04/03/2018), sentuhan berupa genggaman tangan mampu menyembuhkan rasa sakit.  

“Ketika bergenggaman tangan dengan orang yang kita sayangi, gelombang otak kita dan pasangan akan menjadi sinkron. Inilah yang membuat rasa sakit yang dialami pasangan secara berangsur hilang,” kata Pavel Goldstein, dari Cognitive and Affective Neuroscience Lab Universitas Colorado Boulder.

Pavel menjelaskan, semakin merasa nyaman dan sayang pada pasangan, maka semakin banyak juga gelombang otak yang bisa disinkronkan. Ketika itu terjadi, semakin banyak rasa sakit yang hilang.

“Di era modern sekarang, kesempatan interaksi fisik dengan pasangan lebih sedikit ketimbang dulu. Dan hasil penelitian kami menunjukkan, ternyata sentuhan mempunyai kekuatan luar biasa dan penting bagi sesama manusia,” katanya.

Menurut Pavel, penelitian tentang sinkronisasi gelombang otak dalam konteks rasa sakit merupakan pertama kali dilakukan. Dalam hal ini, otak memiliki peran dalam hilangnya rasa sakit lewat sentuhan.

Lebih lanjut, Pavel mengungkapkan, dirinya bersama peneliti dari University of Haifa mencoba merekrut sebanyak 22 pasangan heteroseksual berusia 23-32 tahun yang telah menjalani hubungan selama setahun.

“Kami memasangkan topi electroencephalography dan mengukur aktifitas gelombang otak responden selama dua menit. Responden kemudian diminta melakukan tiga kegiatan, diantaranya duduk berdampingan tanpa sentuhan, duduk bersama sambil berpegangan tangan dan duduk di ruangan terpisah,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA