Hati-Hati Jika Temukan Ciri Seperti ini di Air Minum Anda!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa sebanyak 2 miliar orang di dunia mengonsumsi air minum yang sudah tercemari bahan-bahan berbahaya.   

Menurut WHO, air minum yang layak konsumsi harus melalui proses penyulingan dan penyaringan ketat. Proses itu dilakukan untuk mengurangi kandungan penyakit berbahaya yang dibawa mikroba dalam air. Berikut ini ciri-ciri air minum yang sudah tecemar mikroba pembawa penyakit.  

#1. Keruh

Air minum berwarna keruh umumnya disebabkan karena partikel mikroba yang biasanya tidak dapat terlihat dengan jelas.

#2. Rasanya Aneh dan Berbau

Air minum seperti ini biasanya sudah terkontaminasi bahan-bahan kimia ataupun organik sintetis, sehingga mengeluarkan aroma tidak sedap dan memiliki rasa yang aneh. Ada kemungkinan sumber air tercemari logam.

#3. Meninggalkan Noda

Air minum yang sudah tercemar atau terkontaminasi biasanya meninggalkan jejak atau noda pada benda-benda tertentu. Jika air minum anda meninggalkan warna hijau kebiruan, kemungkinan air tersebut terkontaminasi zat klorin atau tembaga.

Menurut WHO, air minum yang terkontaminasi bakteri salmonella, disentri, pestisida, arsenik, timbal dan radon, akan menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari anemia, masalah pencernaan, kerusakan hati, ginjal, masalah reproduksi dan kelainan neurologis.

Air minum yang terkontaminasi bakteri dan zat berbahaya itu biasa menunjukkan gejala ketika sering dikonsumsi, diantaranya mual, muntah, diare dan kram perut. Lama-lama, kondisi itu mengakibatkan seseorang mengidap penyakit tiroid dan kanker. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar