Hati-hati, Smartphone Made In China Ini Disusupi Malware

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Dr. Web, perusahaan anti virus terkenal di dunia asal Rusia mengungkapkan bahwa ada smartphone Android buatan China terdapat malware.

Dikutip dari Softpedia, beberapa waktu lalu, sedikitnya ada 40 Android yang disusupi malware dengan jenis Trojan bernama Android.Triada.231, serta terpasang difirmware sejumlah smartphone di pertengahan tahun 2017.

Diketahui, malware yang terpasang dari bawaan pabrik ini terinstal di smartphone jenis menengah ke bawah. Diantaranya merek Dooge, Leagoo, Cubot serta Umi. Untuk smartphone Android terbaru yang terpasang malware ialah Leagoo M9, yang keluar di bulan Desember 2017.

Setelah mengetahui ada smartphone Android yang terpasang malware, kemudian pihak Dr. Web langsung melaporkan temuaannya dengan menghubungi produsen Android tersebut.

Dijelaskan Dr. Web, pembuat malware biasanya bekerjasama dengan pengembang software yang ada di China, yang mewajibkan OEM atau perusahaan manufaktur smartphone untuk memasang aplikasi di OS Android.

Sehingga, dengan adanya malware itu, tentu sangat berbahaya untuk siapa saja yang menggunakan Android yang sudah disusupi trojan. Pasalnya, malware tersebut dapat mencuri data pribadi pemakai smartphone, diantaranya informasi privasi atau informasi perbankan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA