Ingin Jantung Kuat dan Sehat? Coba Lakukan Olahraga Ini

Olahraga lari bisa menyehatkan dan memperkuat jantung. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting, bisa dengan memperhatikan pola makan atau juga melatih jantung dengan rajin berolahraga.

Tidak semua olahraga bisa menyehatkan atau menambah kuat jantung kita, karena itu tergantung dari kondisi jantung. Jika kondisi jantung lemah, hindari olahraga yang berat, menguras banyak energi

Berikut ini olahraga ringan namun bisa menyehatkan dan menguatkan jantung, seperti dilansir dari laman Healthline.

# Aerobik

Olahraga aerobik dikenal bisa menyehatkan jantung. Pasalnya, aerobik ini memang khusus dibuat untuk meningkatkan detak jantung serta menjadikan lebih berkeringat. Aerobik juga dapat memompa darah lebih efisien serta menurunkan tekanan darah.

Centers for Disease and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dari Amerika Serikat, memberikan rekomendasi supaya jantung sehat, setiap orang dewasa melakukan aerobik sederhana, dengan intensitas dalam satu minggu selama 2 jam 30 menit.

Akan tetapi, apabila waktu yang dipunya hanya sedikit, maka bisa dilakukan aerobik selama 1 jam lebih. Tujuan dari latihan tersebut adalah untuk menjadikan nafas Anda meningkat dan memompa detak jantung secara signifikan.

Olahraga aerobik bisa dilakukan dengan senam, lari, berenang, sepakbola, bersepeda santai, atau mendaki. Agar lebih sempurna, kombinasikan antara olahraga ringan dengan berat.

# Latihan beban

Resistensi atau latihan beban yang ditambah dengan aerobik sangat baik untuk memperkuat jantung. Fungsi latihan beban bukan hanya baik untuk jantung, namun juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

CDC serta American Heart Association, merekomendasikan melakukan latihan beban selama dua kali dalam satu minggu. Latihan beban tersebut bisa berupa sit up, push up, atau squat.

# Fleksibilitas

Latihan fleksibilitas bertujuan supaya otot pada persendian tidak kaku, sehingga bisa bergerak bebas tanpa adanya gangguan. Artinya latihan ini bisa meregangkan tubuh, yang manfaatnya bisa menyeimbangkan serta mengurangi risiko nyeri sendi, keram, atau nyeri otot.

Fleksibilitas yang banyak dilakukan diantaranya tai chi, yoga serta pilates. (Adi/R5/HR-Online)  

KOMENTAR ANDA

Komentar