Ini Bahayanya Sikat Gigi Setelah Minum Kopi

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Minum kopi merupakan kegiatan terbaik bagi sebagian orang di kala mengawali hari maupaun saat berkumpul bersama sahabat-sahabat. Meski begitu, aktivitas ngopi berdampak kurang baik pada tubuh kita, khususnya bagian gigi yang menjadi kuning karena terlalu seringnya minum kopi.

Seperti yang dikutip dari laman Tempo, menurut dokter gigi dari Hawaii Familiy Dental, Danica Lacson, menerangkan bahwa setelah minum kopi tidak dianjurkan menggosok atau menyikat gigi bila takut gigi menjadi kuning. Pasalnya, menyikat gigi setelah minum kopi dapat melemahkan enamel gigi.

Menurut penjelasannya, berbagai makanan maupun minuman yang mengandung asam halnya kopi, dapat menimbulkan tingkat pH di dalam mulut berkurang. Agar pH di dalamnya bisa normal kembali, perlu beberapa saat agar bisa menyikat gigi guna menghindari enamel gigi melemah.

Ketika enamel gigi melemah, katanya, berdampak kerusakan pada lapisan pelindung yang akhirnya gigi bisa semakin rentan berlubang dan penyakit gusi. Ia menyarankan, sebaiknya bisa menyikat gigi dengan jeda waktu sekitar 30 menit setelah minum kopi. Waktu 30 menit ini, ia merinci 20 menit setelah ngemil makanan ataupun minuman yang denga kandungan karbohidrat tinggi, sedangkan khusus makanan ataupun minuman yang bersifat asam, ditambah 10 menit. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA