Jenis Makanan yang Bisa Memicu Bau Badan Tak Sedap

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Bau badan merupakan masalah yang sangat serius terutama bagi perempuan. Mereka yang bau badan pasti akan merasa minder atau malu jika berkumpul dengan teman. Sehingga, berbagai cara dan usaha dilakukan agar aroma bau badan hilang.

Menurut mitos zaman dulu, menghilangkan bau badan bisa dengan mandi di bawah pohon kelapa saat hujan. Namun lambat laun sesuai dengan perkembangan zaman, mitos tersebut mulai hilang diganti dengan menggunakan bahan atau obat penghilang bau badan.

Dijelaskan pakar kimia organik, George Preti, bahwa bau badan bisa berasal dari stres, masalah kesehatan sampai makanan. Menurutnya, tubuh manusia mempunyai 2 tipe kelenjar keringan diantaranya kelenjar apocrine dan eccrine.

Kelenjar apocrine biasanya ada di selangkangan serta ketiak. Kelenjar ini memproduksi minyak yang dapat mengeluarkan bau badan spesifik. Sementara keringat dari kelenjar eccrine dihasilkan karena melakukan olahraga namun tidak berbau.

Meski kenyataannya tubuh mengeluarkan bau badan sifatnya natural seperti bau bawang, namun ada makanan yang kita makan bisa mempengaruhi bau badan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini deretan makanan yang dapat mempengaruhi bau badan.

# Kubis, Brokoli, dan Kembang Kol

Menurut seorang dermatokogi dari McLean Dermatology and Skin Care Center, Lily Talakoub, makanan seperti kubis, brokoli dan kembang kol bisa menyebabkan bau badan. Hal itu disebabkan karena makanan tersebut mengandung sulfur, sehingga mengeluarkan bau seperti telur busuk.

Namun dengan catatan, Anda sayuran tersebut Anda memakannya secara reguler. Jadi Anda tidak perlu takut atau menghindari tiga sayuran itu. Dan apabila Anda tetap ingin memakan sayuran yang ternyata mempunyai kandungan melawan penyakit, coba imbangi dengan memakan sayuran lainnya serta buah yang tidak ada kandungan sulfurnya.  

# Bawang merah dan putih

Dijelaskan George Preti, bau badan hampir sebagian dipancarkan melalui mulut. Jadi, mengkonsumsi makanan yang bisa menjadikan nafas bau juga bisa membuat bau badan, seperti bawang merah dan putih.

Agar setelah memakai bawang merah dan putih tidak menimbulkan masalah pada tubuh, rajin untuk menyikat gigi serta minum air putih yang banyak. Hal tersebut dilakukan karena menghilangkan bakteri dan partikel di makanan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA