Kata Peneliti, Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Waktu yang tepat minum kopi. Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi sejumlah orang, kopi merupakan salah satu sumber kebahagiaan. Bahkan, para penggemar kopi tak ragu untuk minum kopi saat pagi, siang, sore, dan juga malam hari.

Agar hobi minum kopi tidak sampai mengganggu metabolisme tubuh, sebaiknya Anda cari tahu kapan waktu terbaik untuk minum kopi. Karena, minum kopi di waktu yang tepat bisa memberikan manfaat optimal, dan tentunya tidak akan mengganggu kesehatan.

Dilansir yourtango.com, Jum’at (30/03/2018), secara ilmiah kopi sudah terbukti mampu mengisi tubuh dengan antioksidan alami, sebagai penenang yang membuat tubuh merasa waspada, serta memperbaiki DNA.

Nah, bila Anda sudah terbiasa minum kopi pagi hari, ternyata ada waktu yang lebih baik, yakni sebelum bekerja atau sesaat setelah Anda mulai bekerja. Sebab, tubuh akan melepaskan hormon berbeda di setiap harinya, dan yang paling banyak adalah hormon stres kortisol.

Hormon kortisol ini akan keluar tergantung dari ritme sirkadian tubuh. Menururt para peneliti, minum kopi saat otak telah melepaskan kortisol justru akan membatasi efek positifnya.

Jadi, sebaliknya minumlah kopi saat kadar kortisol Anda secara alami masih rendah. Anda yang rutin bagun jam setengah tujuh pagi punya tingkat kortisol tertinggi di antara jam delapan atau sembilan pagi, siang atau tengah hari jam satu siang, dan jam setengah enam sampai setengah tujuh malam.

Adapun waktu terbaik untuk minum kopi sehari-hari yaitu antara jam 09.30 WIB sampai 11.30 WIB. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA