Ketua DMI Ciamis; Majelis Taklim Harus Mampu Berwirausaha

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis, saat memberikan pelatihan penguatan ekonomi umat berbasis Majelis Taklim kepada ibu-ibu perawakilan Majelis Taklim. Photo: Heri Herdianto/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Majelis Taklim punya potensi yang cukup berpengaruh dalam berbagai hal. Untuk itu, ibu-ibu Majelis Taklim di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, harus bisa berdaya dan mampu berwirausaha guna meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Untuk membantu Majelis Taklim bisa berdaya, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis, memberikan pelatihan penguatan ekonomi umat berbasis Majelis Taklim kepada ibu-ibu perawakilan Majelis Taklim, bertempat di Aula Wisma PGRI Kabupaten Ciamis, Kamis (08/03/2018).

Ketua DMI Kabupaten Ciamis, Wawan S Arifien, mengatakan, keuatan badan koordinasi Majelis Taklim cukup besar sehingga perlu adanya bimbingan. Karena, di samping keagamaan, ibu-ibu Majelis Taklim juga harus berdaya di bidang lainnya, dan salah satunya dalam hal duniawai adalah kewirausahaan.

“Potensinya cukup tinggi, jadi Majelis Taklim juga harus mampu berwirausaha. Cukup sederhana saja, seperti memproduksi keperluan sehari-hari atau membuat makanan ringan. Intinya untuk memakmurkan dan dimakmurkan,” tandas Wawan, usai membuka kegiatan pelatihan.

Menurutnya, untuk masalah permodalan, tentu bisa dikoordinasikan. Seperti diketahui bahwa di lingkungan Majelis Taklim banyak agnia yang bisa diajak kerjasama. Terpenting harus menentukan dulu usahanya seperti apa supaya dapat terus berjalan secara berkelanjutan.

“Mengaplikasikan hasil pengajian, bahwa umat Islam harus kreatif, inovatif, serta mampu berusaha. Paling tidak mereka mampu menghidupi sehingga kesejahteraannya meningkat,” pungkas Wawan. (Her2/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA