Kubah Unik Penyimpan Bahan Makanan Hingga Kiamat

Svalbard Global Seed Vault.

Berita Sains, (harapanrakyat.com),-

Kubah Svalbard Global Seed Vault namanya. Kubah unik ini sengaja dibangun Pemerintah Norwegia untuk menyimpan makanan yang semakin langka dan dibutuhkan nanti di masa mendatang.

Pembangunan kubah unik tersebut ditujukan untuk menyimpan persediaan makanan sampai waktu kiamat tiba. Di dalam kubah itu tersimpan biji-bijian dari berbagai belahan dunia, seperti biji padi, gandum, jagung dan yang lainnya.

Kubah yang dibangun sekitar tahun 2008 di Svalbard dengan anggaran sekitar Rp. 178 miliar itu memiliki suhu alami yang mampu menjaga materi genetik dari ancaman kerusakan lingkungan atau bencana besar.

Pembangunan kubah unik ini terinspirasi oleh fenomena perubahan iklim yang terjadi belakangan ini. Perubahan iklim yang ekstrim menyebabkan tanaman sulit beradaptasi dan akhirnya mati.  

Svalbard dianggap sebagai lokasi yang strategis untuk proyek pembuatan kubah. Soalnya, selama sepanjang tahun tanah di Svalbard selalu beku. Suhu yang terdapat di kubah unik itu bisa mencapai -18 derajat Celsius sehingga cocok untuk menyimpan berbagai jenis biji-bijian.

Kubah unik ini berada sekitar 130 meter di bawah tanah. Di dalamnya terdapat 860 ribu jenis varietas biji-bijian yang mampu bertahan selama puluhan tahun. Bahkan, sejumlah varietas gandum bisa bertahan selama 1000 tahun di kubah ini. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar