Langsung Mandi Sesudah Berolahraga Berbahaya atau Sehat?

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Sangat risih dan pastinya tidak enak jika habis berolahraga yang mengeluarkan banyak keringat tidak langsung dibilas atau mandi. Pasalnya, bau dan lengket yang berasal dari keringat akan membuat badan tidak enak.

Mandi sesudah berolahraga memang sangat dianjurkan karena bisa membersihkan bakteri yang dihasilkan dari keringat, selain itu juga bisa mengurangi nyeri sendi serta otot.

Lantas apakah dianjurkan langsung mandi sesudah berolahraga? Dikutip dari berbagai sumber, sangat tidak baik jika langsung mandi. Pasalnya, jika buru-buru membilas badan yang berkeringat setelah olahraga akan berdampak pada kesehatan.

Mandi setelah olahraga dapat membantu kita untuk meringankan nyeri otot dan sendi. Selain itu mandi juga membantu membersihkan keringat dan bakteri di kulit. Lalu apakah boleh langsung mandi setelah olahraga? Ternyata jawabannya tidak.

Penjelasan ilmiahnya, ketika Kita melakukan olahraga, maka darah yang dipompa oleh jantung akan mengalir ke seluruh otot, dan jumlahnya lebih banyak dari biasanya. Sehingga detak jantung akan cepat serta suhu tubuh pun akan meningkat, dan pembuluh darah pun akan melebar.

Nah, apabila langsung mandi maka tubuh kita rentan terkena penyakit yang menyerang secara mendadak, contohnya terkena serangan jantung.

Untuk itu, alangkah baiknya dan sangat disarankan jika ingin mandi sesudah berolahraga, harus ada jeda waktu untuk mendinginkan atau menormalkan suhu tubuh dan detak jantung sekitar kurang lebih 20 menit. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar