Mak Anti Butuh Perhatian Pemerintah Ciamis

Mak Anti (85), warga Dusun Desa Kulon, RT 04 RW 06, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, yang membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah. Foto: Eji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Mak Anti (85), warga Dusun Desa Kulon, RT 04 RW 06, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah. Pasalnya, Mak Anti yang kini hidup sebatangkara itu terpaksa tinggal di gubuk reyot yang nyaris ambruk. 

Ketua RT 04, Dudung, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/03/2018), membenarkan kondisi salah seorang warganya yang menempati rumah tinggal dengan kondisi sangat memprihatinkan. 

“Kondisi ini sudah berlangsung lama. Bila terjadi hujan, air mengguyur masuk ke dalam rumah. Di malam hari, Mak Anti harus kuat menahan dingin, karena bilik rumahnya sudah pada bolong,” katanya.

Menurut pengakuan Dudung, pihaknya sudah berupaya meminta donasi dari lingkungan sekitar untuk membantu memperbaiki rumah milik Mak Anti. Sayangnya, donasi yang dikumpulkan dari warga sekitar belum mampu mengkafer perbaikan rumah tersebut.

Haerudin, warga setempat, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/03/2018), mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Mak Anti hanya mengandalkan kepedulian (belas kasih) warga. 

“Jangankan untuk memperbaiki atau membangun rumah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja bergantung pada orang lain,” katanya.

Yayat Hidayat, tokoh masyarkat setempat, ketika diminta tanggapan, Selasa (27/03/2018), mengajak warga setempat agar kompak melakukan penggalangan dana untuk membantu memperbaiki rumah Mak Anti. 

Kaur Kesra Desa Ciakar, yusup Jamaludin, ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/03/2018), menegaskan, rumah milik Mak Anti sudah tidak layak lagi ditempati karena kondisinya sangat mengkhawatirkan,

“Akan kami usulkan kepada pemerintah kabupaten. Mudah-mudahan pemerintah segera mengucurkan bantuan perbaikan untuk rumah Mak Anti,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA