Malware Ganas Ini Sudah Menginfeksi 5 Juta Smartphone di Seluruh Dunia

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).-

Adanya celah di smartphone membuat setidaknya lima juta ponsel cerdas di seluruh dunia terindikasi terkena malware yang sangat agresif. Hal itu diungkapkan perusahaan keamanan Android, Check Point beberapa waktu lalu.

Dikutip dari laman Express, Check Point mengungkapkan bahwa malware agresif yang bernama RottenSys ini menyusup lewat Wi-Fi yang ada di smartphone. Cara kerjanya, RottenSys pura-pura membantu koneksi Wi-Fi, padahal kenyataannya malware ini mengunduh serta menginstal aplikasi yang berbahaya.  

Menurut data dari Check Point sampai 12 Maret 2018 sudah ada sekitar 4.964.460 juta smartphone Android yang terinfeksi malware RottenSys yang ada sejak sejak September 2016.

Seperti kebanyakan malware pada umumnya, cara RottenSys menyerang korban yaitu dengan memancing dengan menayangkan iklan. Setidaknya, sebanyak 13.250.756 kali iklan itu menyebar dalam 10 hari terakhir ini, serta 500 ribu lebih di klik oleh korban.

Diketahui, malware RottenSys tidak hanya menjangkit smartphone kelas menengah ke bawah, melainkan juga smartphone terkenal juga ikut terkena seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, dan Huawei.

Untuk mengatasi serangan RottenSys, Check Point menyarankan agar pemakai ponsel pintar yang ada di atas untuk mengecek kembali ponselnya. Cari aplikasi seperti ‘changmi.launcher’, ‘android.yellowcalendarz’, ‘system.service.zdsgt’ dan ‘android.services.securewifi’.

Nah cara untuk mengecek dan menghapus aplikasi tersebut yaitu dengan cara masuk ke menu pengaturan, setelah itu menu aplikasi dan cari apakah aplikasi di atas ada atau tidak. Apabila ada maka segera copot atau uninstal aplikasinya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar