Mau Belanja Online? Perhatikan Langkah Ini Agar Aman

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Di zaman yang serba mudah menggunakan teknologi smartphone, untuk memenuhi berbagai kebutuhan hanya cukup dengan menekan pilihan yang tersedia pada layar smartrphone, termasuk belanja online yang saat ini semakin banyak penyedianya.

Belanja online selain praktis karena bisa menyingkat waktu, tempat serta banyak pilihan yang ditawarkan, akan semakin mudah menentukan barang yang akan dibeli dan harganya pun sesuai dengan keinginan.

Kendati semakin mudah, dalam belanja online Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan memanfaatkan fasilitas online untuk berbelanja. Dikutip dari laman foxnews, grid.id merekomendasikan beberapa cara dalam belanja online yang aman dan sesuai dengan harapan.

Pertama, sebelum belanja baiknya memilih situs-situs terpercaya dibandingkan harus melakukan pencarian melalui seach engine (mesin pencari). Sebab, kadang hasil dari mesin pencari justru menyesatkan. Untuk itu, pilihlah situs atau penyedia belanja online yang sudah umum dan diakui oleh banyak orang.

Kedua, saat belanja online tentunya perlu adanya informasi yang kita berikan agar barang bisa dikirim ke tempat kita. Namun, bila situs belanja online tersebut meminta informasi yang berkaitan dengan kehidupan pribadi Anda, perlu diabaikan. Pasalnya, dikhawatirkan informasi yang kita berikan akan digunakan untuk kejahatan. Catatannya, berikan informasi seperlunya saja dalam belanja melalui online.

Ketiga, pastikan situs yang anda kunjungi benar-benar aman dengan tanda memiliki enkripsi SSL (Secure Socket Layer) yang dalam URL atau link situs tersebut berawalan https://, bukan http:// serta disampingnya ada logo gembok. Dari tanda ini, bisa dipastikan situs belanja online tersebut aman untuk dikunjungi.

Terakhir, dalam berbelanja online Anda perlu waspada dengan berbagai kemungkinan penipuan yang semakin banyak caranya. Biasanya dengan tawaran produk gratis melalui syarat membeli beberapa item barang, bahkan menawarkan pekerjaan ataupun liburan yang tentunya secara logika tidak masuk akal. Umumnya, modus penipuan seperti ini menyebar melalui iklan di media sosial.

Jadi, sebelum berbelanja melalui online, pastikan beberapa cara di atas agar Anda tidak tertipu dan barang yang didapatkan sesuai dengan keinginan. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar