Panwaslu Ciamis Ajak Masyarakat dan Mahasiswa Berperan Aktif di Pilkada

Diskusi Panwaslu Ciamis bersama HMI di Kantor Panwaslu. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisioner Panwaslu Kabupaten Ciamis, Fahmi Fajar, menyebutkan kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) bukan hanya karena faktor penyelenggara saja, akan tetapi perlu ditopang berbagai elemen yang ada, seperti masyarakat yang di dalamnya termasuk mahasiswa yang mana masih memiliki idealisme.

Menurutnya, para pemuda diharapkan berperan aktif dalam mewujudkan Pilkada yang damai serta berintegritas dan berkualitas.

“Peran mahasiswa dalam pesta demokrasi ini bisa melakukan dorongan agar Pilkada bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Maka untuk bisa mencapai itu, dalam proses inilah Pilkada juga harus berkualitas supaya hasilnya pun seimbang,” kata Fahmi di sela-sela diksusi bersama HMI Ciamis, Jum’at (30/03/2018).

Keberadaan mahasiswa, lanjut Fahmi, di antaranya memiliki peran pengawasan yang bukan hanya dilakukan oleh Panwaslu saja, akan tetapi masyarakat serta elemennya pun memiliki peran yang sama dalam rangka mengawal Pilkada ini.

“Dengan pengawasan secara bersama-sama dan peran Panwaslu sebagai salah satu pintu pengaduan apabila ada hal-hal yang berkenaan dengan Pemilu, maka dari itu kita harap dukungannya agar kita bisa bekerja dengan profesional serta bertindak cepat dan tepat dalam penanganan setiap laporan dari masyarakat. Kita tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya peran dari masyarakat,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Samsul Maarif, Komisioner Panwaslu Ciamis, menegaskan, pihaknya akan berusaha sekuat tenaga dalam melakukan pencegahan, penidakan serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.  

“Oleh karena itu, kami membuka pintu kantor kami bagi masyarakat yang ingin berdiskusi soal pengawasan pemilu. Kantor kami terbilang mudah dan dekat dengan pusat kota juga,” ujarnya.

Samsul menambahkan, dalam diskusi bersama Panwaslu tidak harus secara formal, namun paling penting adalah informasi yang didiskusikan dapat menambah wawasan serta pengetahuan soal Pemilu.

Samsul menuturkan bahwa diskusi terkait Pilkada dan Pemilu tidaklah harus dalam suasana formal seperti ini. Biasanya justru informasi penting muncul dari situasi yang tidak formal.

“Kami sangat berterima kasih sekali teman-teman dari HMI Ciamis mau menyempatkan berdiskusi bersama kami. Tentunya ini demi mewujudkan demokrasi yang lebih baik,” katanya.

Hendriawan Firmansyah, Ketua HMI Cabang Ciamis, menyampaikan hal senada. Menurutnya, pengawasan Pemilu ini bukan hanya tugas Panwaslu semata, akan tetapi semua elemen masyarakat yang ada di Ciamis memiliki peran yang sama dalam pengawasan maupun partisipasi dalam Pilkada.

“Kita harus cerdas saat ini, mana yang melanggar dan mana yang tidak. Tentu saja untuk mencapai ini butuh kesadaran tinggi, baik dari penyelenggara maupun masyarakat, termasuk mahasiswa juga memiliki peran yang sama,” tegas Hendriawan. (Heri/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA