Pasca Diguyur Hujan, Pergerakan Tanah Melanda Wilayah Ciakar Ciamis

Pergerakan tanah yang terjadi di Desa Ciakar Kabupaten Ciamis pasca turunnya hujan. Foto: Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pergerakan tanah melanda wilayah Dusun Singdangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Ahad (18/03/2018). Pergerakan tanah itu menyebabkan ruas jalan di wilayah itu mengalami retakan. 

Kepala Dusun Sindangjaya, Jajang, ketika ditemui Koran HR, Ahad (18/03/2018), mengungkapkan, pergerakan dan retakan tanah itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

“Setiap kali turun hujan, di lokasi Blok Manggu pasti terjadi pergerakan dan retakan tanah. Akibatnya, jalan retak dan kolam warga mengering,” katanya. 

Di tempat terpisah, Kepala Desa Ciakar, Sulaeman Nurdjamal, ketika ditemui Koran HR, Seni (19/03/2018), mengungkapkan, di wilayah Pasir Pangangonan terdapat 142 unit rumah bagi warga yang rumahnya terancam bencana longsor.

Sayangnya, rumah yang dibangun Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) beberapa tahun lalu itu kini diperjualbelikan oleh beberapa penerima manfaat. Dengan begitu, ketika ada bencana longsor, harus ada lagi tempat untuk evakuasi. 

“Ini semua (jual-beli) disebabkan karena penerima manfaat menganggap aset rumah dari Kemenpera tersebut milik mereka. Padahal sudah jelas, rumah tersebut dilarang diperjualbelikan,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA