Pasca Puting Beliung, Jalur Banjar-Pangandaran Sempat Macet

Kondisi lalu lintas yang mengalami macet pasca bencana angin puting beliung. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pasca angin puting beliung yang terjadi di wilayah Kota Banjar dan sekitarnya membuat arus lalu lintas dari arah Banjar maupun dari arah Pangandaran sempat macet. Hal ini disebabkan lantaran adanya pohon besar dan tiang listrik yang roboh menutupi badan jalan di Dusun Tembungkerta, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Rabu (21/03/2018).

Kemacetan yang terjadi di lokasi tersebut membuat kendaraan yang melintas terjebak hingga belasan kilometer. Arus lalu lintas yang tertahan di beberapa ruas jalan, seperti di Batulawang, Tanjung Sukur dan wilayah Kertahayu, Kabupaten Ciamis. 

Sementara itu, pengendara terpaksa harus menunggu hingga petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, dan warga selesai mengevakuasi tiang listrik dan pohon yang tumbang. 

“Hampir dua jam saya terjebak macet di sini,” ujar salah satu pengendara minibus, Wardi (34) warga Kawalu, Tasikmalaya. 

Untuk mengurai kemacetan, petugas dari Satlantas Polres Banjar melakukan pengalihan arus ke jalan alternatif melintasi Desa Sukamukti dan keluar melalui jalan Desa Binangun dan langsung menuju ke Banjar Kota. 

Selain mengakibatkan kemacetan, angin puting beliung ini pun merusak ratusan rumah warga yang ada di dua kecamatan, yakni kecamatan Pataruman dan Langensari. 

“Dalam peristiwa ini, ada empat korban yang mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan rumahnya,” kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD, Kota Banjar, Asep Setiadi. 

Dari informasi yang dihimpun, seluruh korban kini ditangani tim medis di Puskesmas Langensari. Keempat korban ini rata-rata mengalami luka dibagian kepala. (Hermanto/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA