Pemilih Muda “Dibidik” KPU Ciamis

Mahasiswa Universitas Galuh saat melaksanakan simulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di TPS, Senin (26/03/2018), bertempat di Gedung Auditorium Kampus Unigal. Foto : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan bahwa jumlah pemilih muda atau pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jabar 2018 mengalami kenaikan sekitar 20 persen dari total pemilih sementara yang mencapai sekitar 31.7 juta.

Komisioner KPUD Jabar, Nina Yuningsih, ketika ditemui Koran HR, saat kegiatan Rock The Vote Indonesia-Electainmet on Campus, di Kampus Universitas Galuh, Senin (26/03/2018), menegaskan, pihaknya akan terus berupaya agar pemilih muda/ pemula menggunakan hak pilihnya di Pilkada Jabar 2018.

Alasannya, kata Nina, jumlah atau komposisi pemilih muda/ pemula pada Pilkada 2018 kali ini sangatlah besar. Dengan kata lain, dari total jumlah pemilih sementara, jumlah pemilih muda/ pemula diperkirakan mencapai lebih dari dua juta warga.

Pada kesempatan itu, Nina menyebutkan, KPUD Jabar menargetkan angka partisipasi warga dalam Pilkada Jabar 2018 mencapai 75 persen. Target itu meningkat dibandingkan Pilkada sebelumnya yang hanya mencapai angka 63 persen.   

“Target (pencapaian) ini menjadi tantangan bagi kami (KPU),” katanya.

Untuk itu, Nina mengimbau warga Jabar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik agar pelaksanaan Pilkada 2018 berjalan sukses. Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat ikut berperan dalam mengamankan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kami juga mengimbau, pemilih yang belum terdaftar untuk segera mendaftarkan diri. Pastikan namnya terdaftar di dalam daftar pemilih,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Rektor Universitas Galuh (Unigal), Yat Rospia Brata, berharap, mahasiswa peserta kegiatan training of trainer atau sosialisasi Pilkada Jabar yang dikemas lewat Rock The Vote Indonesia-Electainmet on Campus, ikut berperan bersama KPUD dalam menyukseskan Pilkada Jabar 2018.

Yat menjelaskan, Unigal bersama 30 perguruan tinggi lainnya di Jabar sudah menjalin kerjasama dengan KPUD dalam menyelenggarakan pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pilkada Jabar 2018.

“Kali ini, kampus Unigal merupakan lokasi ketiga di Jabar yang menyelenggarakan Rock The Vote Indonesia-Electainmet on Campus bersama KPUD Jabar,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana acara yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Aan Anwar Sihabudin, menuturkan, even yang digelar pihaknya bersama KPUD Jabar merupakan rangkaian gerakan pendidikan pemilih muda/ pemula menjelang Pilkada Jabar 2018.

Dalam kegiatan itu, kata Aan, sebanyak 174 peserta dari kalangan mahasiswa diajak untuk berdiskusi mengenai politik, pemilu, demokrasi, partai politik dan partisipasi. Selanjutnya, peserta diajak melakukan simulasi memilih di TPS (tempat pemungutan suara). Terakhir, peserta mendeklarasikan diri untuk menjadi pemilih cerdas. (Deni/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar