Pemilihan Anggota BPD Jajawar Banjar Bakal Digelar Meriah

Persiapan jelang pemilihan anggota BPD Jajawar yang aka berlangsung hari Rabu besok. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Desa Jajawar, Kecamatan, Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, hari Rabu (14/03/2018) besok, akan menggelar pesta rakyat untuk memilih anggota BPD Jajawar yang diselenggarakan secara demokrasi. Sebanyak 17 calon yang telah lolos seleksi itu nantinya akan terbentuk 4 orang dari unsur wilayah, dan satu orang dari keterwakilan perempuan.

Kepala Desa Jajawar, Samsudin, S.Pd.I., mengatakan, pemilihan calon anggota BPD Jajawar sengaja digelar secara meriah. Hal itu untuk menarik sekaligus melatih masyarakatnya supaya belajar berdemokrasi yang baik dan memilih sesuai kehendaknya.

“Berdemokrasi yang baik itu seperti apa, ya sekarang inilah saatnya masyarakat Desa Jajawar belajar berdemokrasi, memilih dengan sesuai kehendak hati, siapa yang pantas untuk menerima estafet kepemimpinan BPD Jajawar ke depan,” ujarnya.

Lebih lanjut Samsudin mengatakan, untuk pelaksanaan pemilihan dan pergantian anggota/Ketua BPD, Pemdes Jajawar telah melewati beberapa tahapan. Mulai dari tahap persiapan yang meliputi penyusunan Perdes, pembentukan panitia sampai pada pembinaan.

Kemudian, tahap kedua penjaringan calon, tahap ketiga pengundian serta penetapan daftar pemilih, dan tahap selanjutnya mempersiapkan pembuatan TPS beserta segala kelengkapannya, sehingga pada hari pelaksanaannya sampai dengan selesai ada dalam suasana kondusif.

“Kenapa Pemdes Jajawar memeriahkan pemilihan BPD digelar dengan acara semarak, pertama untuk melatih dan belajar agar masyarakat Desa Jajawar mengenal dan memahami demokrasi, dan yang kedua, bisa dipakai ajang silaturahmi,” terang Samsudin.

Sebanyak 1.910 jiwa yang mempunyai hak pilih, mereka tersebar di 4 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Menurut Samsudin, pergantian antar waktu Ketua BPD Jajawar beserta jajarannya sudah tertuang di Perwal Nomor 26 Tahun 2017 tentang BPD, dan Permendagri Nomor 110 tentang Pembentukan BPD. (AM/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar