Perusahaan di Pangandaran Diminta Lengkapi Fasilitas APAR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran, mengimbau semua perusahaan di Pangandaran untuk melengkapi fasilitas Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Imbauan itu disampaikan DPKPB pada saat simulasi dan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Pangandaran No. 15 tahun 2017 tentang petunjuk pelaksanaan pemeriksaan alat pemadam kebakaran, di PT. Pecu Pangandaran, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran, Gunarto, ketika ditemui HR Online,beberapa waktu lalu, menegaskan pentingnya pihak perusahaan melengkapi fasilitas APAR. Menurut dia, hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana kebakaran.

Gunarto menuturkan, pada kegiatan simulasi penanganan kebakaran, pihaknya melakukan uji fungsi alat pemadam kebakaran di perusahaan tersebut. Dan perusahaan ini tecatat memiliki sekitar 30 APAR.

Lebih lanjut, Gunarto mengungkapkan, sepanjang insiden kebakaran di Pangandaran, sejumlah perusahaan diketahui masih sangat minim fasilitas APAR. Untuk itu, DPKPB akan menyisir kepemilikan APAR di setiap perusahaan, kantor, hotel dan pabrik, baik berskala besar, sedang atau kecil.

Sementara itu, General Manager PT. PECU, Masuri, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas tanggap darurat kebencanaan, termasuk fasilitas APAR. Bahkan tahun ini, pihaknya akan menyediakan hydrant.

“Di setiap gedung sudah dilengkapi APAR. Setahun sekali dikalibrasi dan diisi ulang. Sedangkan pengecekan dilakukan sebulan sekali oleh P2K3 (Panitia Pelaksanaan Kesehatan Keselamatan Kerja). Kita ikuti kelengkapan mitigasinya sebagaimana saran dari DPKPB Pangandaran,” katanya. (Mad/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar