Pesantren Diminta Siapkan Santri Hadapi Era Digital

Ilustrasi. Foto : Ist/ Net

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) Republik Indonesia berencana membuat gagasan berupa pelatihan bidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis komunitas bagi kalangan pondok pesantren.

Melalui kegiatan pelatihan tersebut, nantinya para santri akan diberi wawasan tentang teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya agar para santri siap dalam menghadapi era digital.

Untuk itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, dilansir dari Kompas.com, Senin (05/03/2018), mendorong kalangan pondok pesantren untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Hanif menegaskan, pemanfaatan teknologi digital sudah harus diterapkan dalam proses pendidikan di kalangan pondok pesantren. Menurut dia, tidak sedikit platform teknologi digital yang bisa dimanfaatkan sebagai mendia pendidikan yang inovatif dan kreatif.

“Kegiatan pembelajaran secara digital harus sudah mulai dibangun di pesantren-pesantren, sehingga bisa mengajarkan santri untuk memanfaatkan kemajuan positif teknologi digital,” katanya.

Lebih lanjut, Hanif berharap saat ini masyarakat harus mulai menyesuaikan diri dengan perubahan dunia yang sedang terjadi agar bisa bertahan. Karena dengan perkembangan teknologi, perubahan dunia menjadi sangat cepat. 

Hanif menambahkan, 54,68 persen atau sekitar 143,26 juta orang dari total 262 juta orang penduduk Indonesia sudah mengakses internet. 49,52 persen atau nyaris setengah dari total pengguna internet tersebut merupakan kalangan muda berusia 19 sampai 34 tahun.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, Kementrian Komunikasi dan Informatika, Henri Subiakto, menuturkan bahwa anak-anak pada jaman now tidak bisa lagi dipisahkan dari teknologi. Dan smartphone menjadi perpanjangan dari kehidupan manusia, karena banyak aktifitas yang saat ini dilakukan lewat smartphone. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar