(Pilkada Ciamis) Pemasangan APK tak Sesuai Kesepakatan, KPU Lakukan Ini

KPU Ciamis bersama tim pemenangan dari kedua paslon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, saat membahas soal masih adanya APK yang dipasang di sembarang tempat. Photo: Heri Herdianto/HR.  

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Masih banyaknya Alat Praga Kampanye (APK) yang dipasang di lokasi yang tidak sesuai dengan kesepakatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, akhirnya mengundang tim pemenangan dari kedua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, untuk datang ke Kantor KPU Ciamis, Rabu (07/03/2018) kemarin.

Komisioner KPU Kabupaten Ciamis, Didi Heryadi, mengatakan, hal itu dilakukan pihaknya untuk membahas terkait pemasangan APK yang tidak sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

“Pada kenyataannya APK itu masih banyak dipasang di mana saja, tidak sesuai dengan lokasi yang telah disepakati sebelumnya,” ujar Didi Heryadi, Kamis (08/03/2018).

Bukan hanya soal APK, dalam pertemuan itu juga membahas keberadaan posko tim pemenangan masing-masing paslon yang didirikan tidak sesuai kesepakatan. Padahal, menurut Didi, hal itu pun sudah ditentukan bahwa untuk posko tim pemenangan dan tim relawan di kabupaten ada 2, dan di kecamatan juga 2. Sedangkan, untuk di desa hanya ada 1 posko.

Pemasangan APK di setiap posko atau markas hanya boleh memasang APK ukuran 2 x 3 meter dan nama posko, serta bendera partai politik pengusung. Tetapi pada kenyataannya masing-masing tim malah memasang spanduk.

Berdasarkan kesepakatan, untuk spanduk disepakati dipasang di setiap posko dengan ukurannya 1 x 5 meter. Dengan demikian, Didi mengimbau kepada kedua tim pemenangan paslon supaya mentaati dan melaksanakan kesepakatan yang telah dibuat bersama.

“Apabila terbukti melanggar, maka untuk selanjutnya akan ditindak langsung oleh Panwaslu. Meski begitu, ada atau tidaknya pemasangan APK, kami tetap harus berkoordinasi dengan tim pemenangan masing-masing paslon,” tandas Didi. (Her2/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar