Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Langensari Banjar Diprediksi Capai Ratusan

Salah satu rumah warga di wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, yang tertimpa pohon akibat angin kencang. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Angin puting beliung yang menerjang wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar, dan sekitarnya pada pukul 16.30 WIB membuat ratusan rumah rusak akibat tertimpa pohon yang roboh karena angin kencang, Rabu (21/03/2018).

Pantauan HR Online, di Desa Waringinsari yang tepatnya di Dusun Sukarahayu dan Dusun Kedungwaringin terdapat sekitar 50 rumah yang mengalami rusak, baik rusak ringan, sedang dan berat.

Linmas Dusun Sukarahayu, Desa Waringinsari, Manijo, mengatakan, kerusakan rumah akibat kejadian tersebut selain tembok mengalami retak, kaca pun pecah hingga bagian atap rumah hancur. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

“Sebelumnya mendengar suara gemuruh angin kencang, saya saat keluar rumah sudah banyak atap rumah berterbangan dan banyak pohon roboh. Sehingga, kerusakan pun tidak bisa dihindari. Maka dari itu, saya langsung berinisiatif mendata semua kerusakan guna keperluan laporan ke desa,” jelasnya kepada HR Online.

Menurut catatannya, di Dusun Sukarahayu mencapai 20 rumah yang mengalami rusak. Sehingga, ia memprediksi untuk wilayah Langensari bisa mencapai ratusan.

Kadus Sukarahayu, Agus Wartono, mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih melakukan proses pendataan rumah yang rusak.

“Yang jelas di sini mencapai puluhan. Kalau di Langensari bisa mencapai ratusan rumah,” singkatnya.

Pasca peristiwa ini, warga bahu-membahu melakukan evakuasi pepohonan serta puing-puing material rumah korban dengan alat seadanya. (Nanks/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA