Sosialisasi Pilgub Jabar, KPUD Banjar Ajak Masyarkat Sukseskan Pilkada

PPK Lengensari saat gelar sosialisasi Pilgub kepada berbagai elemen masyarakat di Aula Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Langensari menggelar sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 ke berbagai elemen masyarakat. Acara yang berlangsung di Aula Kecamatan Langensari tersebut dihadiri langsung oleh Komisioner KPU Kota Banjar, Selasa (27/02/2018).

Komisioner KPU Banjar bidang Logistik, Yani Subekti, mengatakan, upaya seperti ini terus dilakukannya yang tiada lain guna mendorong partisipasi pemilih dalam mensukseskan Pilkada, baik Pilgub Jabar maupun Pilwalkot Banjar 2018.

“Warga diharapkan terlibat langsung dan menggunakan hak pilihnya. Semoga adanya Pilkada serentak tak membuat jenuh. Sukseskan dan bisa berjalan kondusif hingga tahapan akhir,” katanya.

Menurutnya, wilayah Kecamatan Langensari ini termasuk partisipasinya paling sedikit di banding kecamatan lain pada Pilkada 2014 lalu. Namun, bukan berarti banyak yang tidak memilih, melainkan karena warga pemilihnya lebih banyak juga kerja di luar daerah. Maka pada waktunya nanti, bisa diingatkan keluarganya untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

Komisioner KPU Banjar Divisi Data, Rohani, menambahkan, dalam sosialisasi ini sebenarnya sederhana, bahwa intinya agar warga untuk mengetahui siapa yang berhak jadi pemilih, siapa yang dipilih dan kapan waktu pemilihannya.

“Saya kira warga pada dasarnya sudah tahu, salah satunya hak pilih itu sudah berusia 17 tahun, tanggal pemilihan Pilgub dan Pilwalkot itu 27 Juni 2018, untuk Paslon Pilwalkot Banjar nomor urut 1 yaitu Ade Uu Sukaesih dan Nana Suryana, serta nomor urut 2 yaitu Maman Suryaman dan Irman Bastaman,” paparnya.

Sementara Pilgub Jabar, jelas dia, ada 4 paslon di antaranya, nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, nomor 2 Tb. Hasanudin-Anton Charliyan, nomor 3 Sudrajat-Akhmad Syaikhu, dan nomor 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Panwascam Langensari, Mujahid, berharap semua program kepemiluan yang sudah dicanangkan ini terlaksana baik dan sukses. Pada akhirnya nanti, dapat menghasilkan pemimpin untuk Banjar lebih maju dan berkembang lagi.

“Tentunya juga menghasilkan Pemilu tanpa menyisakan permasalahan,” imbuhnya.

Selain sosialisasi ini diberikan pada berbagai elemen masyarakat, juga selanjutnya pada bulan Maret mendatang,  akan diberikan sosialisasi kepada pemilih pemula dan kalangan seniman di wilayah Kecamatan Langensari ini.

Camat Langensari, Asno Sutarno, meminta pada warganya agar sama-sama mensukseskan Pilkada serentak tanpa adanya gesekan antar golongan atau elemen warga manapun.

“Pilihan boleh berbeda, tapi tetap jaga kerukunan dan kebersamaan. Jadikan pemilu yang indah, dinamis dan berjalan kondusif. Pakailah hati, jadilah pemilih cerdas serta niatkan ibadah,” tandasnya. (Nanks/R6/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar