Sudah Tahu Manfaat Mengunyah Permen Karet? Ini Penjelasannya

Photo: Ilustrasi

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Tahukah kamu? ternyata mengunyah permen karet ada manfaat yang bisa kita dapat. Seperti dikutip dari Grid.ID, berikut ini manfaat mengunyah permen karet;

Meningkatkan kewaspadaan

Menurut penelitian di Chiba University, Jepang, mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan kita. Karena, ketika mengunyah permen karet, otot-otot rahang akan membuat bagian tertentu yang ada di dalam otak aktif, termasuk korteks premotor.

Kalau bagian itu sudah aktif, maka otak akan lebih peka terhadap gerakan. Dengan begitu, refleks tubuh kita juga akan meningkat. Tapi, peningkatan tersebut akan berakhir 15 menit setelah kita selesai mengunyah permen karet.

Mengingat daftar kata-kata

Peneliti dari University of Northumbria, Inggris, mengungkapkan, mengunyah permen karet bisa meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat daftar kata-kata. Menurut peneliti, mengunyah permen karet membuat otak tetap terjaga.

Ketika otak terjaga, kita mampu mengingat sesuatu hal menjadi lebih mudah. Selain itu, permen karet yang mengandung minyak jahe juga bermanfaat untuk mencegah mabuk kendaraan. Sebab, jahe mengandung zat carminativei yang dapat menenangkan sistem pencernaan. Bila pencernaan kita tenang, maka kita pun tidak akan tersiksa dengan mabuk perjalanan.

Hilangkan bakteri

Berdasarkan penelitian dari Universitas Gronigen, Belanda, mengunyah permen karet selama 10 menit dapat menghilangkan 100 juta bakteri yang ada dalam mulut kita. Mengunyah permen karet selama 10 menit juga mampu mengurangi mikroba dari air liur sebanyak 10 persen.

Jika dilihat memakai mikroskop, jutaan bakteri itu terjebak di dalam permen karet. Tetapi, hal itu hanya bisa dilakukan oleh permen karet yang bebas gula serta dikunyah tak lebih dari 10 menit.

Bila kita mengunyah permen karet yang mengandung gula, bakteri yang ada di dalam mulut justru malah bertambah. Karena, bakteri juga akan bertambah banyak jika kita mengunyah permen karet lebih dari 10 menit.

Mengerjakan soal ujian lebih baik

Menurut hasil penelitian di Universitas St. Lawrence, New York, mengunyah permen karet sebelum ujian ternyata membuat siswa mampu mengerjakan soal ujian lebih baik lagi. Pasalnya, ketika mengunyah permen karet, maka otak kita akan tetap terjaga.

Saat terjaga, otak akan mampu mengingat serta mengolah sesuatu dengan cepat sehingga soal ujian pun dapat diselesaikan lebih baik. Hanya saja pengaruh positif ini akan bertahan selama 20 menit. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA