Suka Minum Kopi atau Teh? Waspada Batu Ginjal Mengintai

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Banyak orang yang punya kebiasaan minum kopi saat pagi hari. Tapi, tidak sedkit pula yang berfikir bahwa kopi bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan, salah satunya yakni memicu batu ginjal.

Dilansir viva.co.id beberapa waktu lalu, secara teori, kopi dan teh memiliki kandungan mineral lebih banyak daripada kandungan airnya. Mineral jika dibiarkan terlalu banyak dan mengendap di tubuh berisiko timbulnya batu ginjal.

Spesialis urologi RS Pondok Indah, dr. Hery Tiera, Sp.U., mengatakan, terlalu sering minum kopi dan teh bisa memicu batu ginjal. Karena, mineral di dalamnya membuat urin lebih pekat, sehingga akan memicunya menjadi sedimen batu.

“Sedimen tersebut akan mengkristal dan mengendap di ginjal. Terlebih jika mengonsumsi kopi atau teh dengan makanan pendamping,” jelas dr. Hery Tiera.

Dia juga menjelaskan, makanan penyerta yang memiliki kandungan pemicu batu ginjal, seperti oksalat, kalsium, asam urat, serta kandungan di dalam kopi dan teh, membuat keduanya memicu kristal batu. Apalagi kandungan cairan dari air putihnya sangat kurang.

Untuk itu, penting konsumsi air mineral selain minuman berwarna lainnya. Sebab, konsumsi minuman berwarna membuat warna urin menjadi lebih pekat. Intinya, hitungan air mineral harus lebih banyak dibanding minuman lainnya.

“Jangan sampai kurang air mineral yang nantinya dapat memicu batu ginjal. Apalagi kalau sudah kena batu ginjal harus mengonsumsi 2,5 liter air mineral setiap harinya, di samping minuman lainnya,” terangnya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar