Susah Bangun Akibat ‘Ditindih Setan’ Saat Tidur? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Photo: Ilustrasi

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Benarkan tidur yang kurang nyaman itu akibat ditindih setan atau biasa disebut rep-repan? Sebetulnya ada alasan ilmiah yang perlu diketahui supaya tidak panik dan membuat Anda penasaran.

Dilansir Timesofindia, Sabtu (17/03/2018), bahwa rep-repan sebetulnya terjadi akibat kondisi tubuh kita sedang menurun. Hal itu bisa mengakibatkan gangguan tidur atau disebut sleep paralysis. Kondisi tersebut memang sering membuat penderitanya panik.

Seseorang yang mengalami sleep paralysis akan membuatnya sulit untuk bangun. Kondisi ini berkaitan pula dengan gangguan dada dan pernapasan. Efeknya seseorang seperti lumpuh lantaran sulit bangun.

Dijelaskan pula bahwa sleep paralysis membuat orang tersebut mengalami sesak dada, bahkan bisa memicu kelumpuhan. Kondisi itu disebabkan karena jam tidur berlebihan atau biasa disebut hibernasi.

Sleep paralysis menyerang saat tubuh sedang istirahat. Tentu saja kalau dibiarkan bisa berbahaya, karena kondisi ini mengakibatkan denyut jantung bergerak lebih cepat. Akibat susah bergerak membuat orang bingung mengatasinya dengan cepat.

Kondisi sleep paralysis bisa juga dipengaruhi oleh suasana hati yang sedang kacau atau stres. Sehingga emosi seseorang menjadi sulit dikontrol dengan baik.

Banyak orang yang mengalami ‘teror’ tidur seperti itu. Lantaran takut, mereka kerap menganggap bahwa hal itu terjadi akibat ditindih makhluk gaib. Padahal tidak ada kaitannya sedikitpun. Bahkan, saking anehnya fenomena tersebut tak jarang orang datang ke paranormal untuk menyembuhkannya.

Padahal, cara untuk menyembuhkannya hanya cukup dilakukan dengan terapi gangguan tidur. Dalam mengatasi masalah tersebut, dokter tidak akan memberi obat melainkan hanya mengatur pola tidur Anda dengan baik agar bisa nyenyak.

Pertama, perbaiki dulu jam tidur Anda secara benar. Agar lebih normal, ubah jam biologis tubuh Anda, yakni tidur selama 8 jam. Selain itu, jam tidurnya harus di bawah pukul 22.00. Jangan lupa setiap tidur berdoa dan matikan lampu, serta benda elektronik lainnya supaya bisa tidur nyenyak sampai pagi. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar