Tak Semua Mobil Tua Disebut Sebagai Mobil Klasik

Photo: Net/Ist

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com),-

Tidak semua mobil tua berharga mahal bisa disebut sebagai mobil klasik. Karena, penyematan kata klasik harus dilihat dari latar belakang produksi mobil tersebut.

Memang cukup banyak jenis mobil tua yang memiliki penggemar khusus juga banyak dicari orang. Bahkan, harga jualnya bisa semakin naik seiring berjalannya waktu, dan pada umumnya banyak orang menganggap mobil tua berharga mahal itu adalah mobil klasik.

Dikutip dari Kompas.com, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Em Samudera, mengatakan, penyematan kata “mobil klasik” lebih tepat ditujukan pada mobil-mobil tua yang dulunya berstatus mobil mewah, atau mobil yang diproduksinya terbatas.

“Acuannya adalah kata klasik itu sendiri yang berarti bernilai. Jika mobil tua yang dulunya diproduksi untuk mobil harian dan jumlahnya banyak, maka tidak bisa disebut mobil klasik, tapi cukup bilangnya mobil tua,” terang Samudera.

Ia juga mengatakan, contoh mobil klasik biasanya mobil sedan dua pintu dan mobil yang diproduksi terbatas hanya untuk pemakaian tertentu, seperti halnya Cadillac Fleetwood 75, Limousine Presidential Series.

Tidak bisanya semua mobil tua disebut sebagai mobil klasik berlaku untuk semua merek, termasuk dari merek yang dianggap punya prestise tersendiri seperti Mercedes Benz. Ia juga mencontohkan sedan Mercedes Benz 200 empat pintu miliknya.

Mercedes produksi era 70-an miliknya itu dulunya diproduksi secara massal untuk pemakaian harian. Lain halnya jika kondisi mobil sedan Mercedes tersebut dua pintu. Karena, mobil dua pintu merupakan mobil mewah yang digunakan bukan untuk harian.

Jadi, jika ada dua mobil tua dengan merek dan tipe yang sama, tapi yang satu hanya memiliki dua pintu, sedangkan satunya lagi empat pintu, maka hanya mobil dua pintu yang disebut sebagai mobil klasik.

Samudera juga mengatakan, dalam kondisi tertentu, memang ada beberapa mobil yang sebelumnya hanya berstatus mobil tua, kemudian naik kelas menjadi mobil klasik. Itu terjadi apabila populasi mobil tersebut menjadi langka. Contohnya Morris Mini, VW Beetle produksi sebelum tahun 1950, serta VW Combi generasi pertama.

“Morris Mini dulunya mobil biasa, namun karena langka dan begitu banyak digemari sehingga menjadi bernilai,” jelasnya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar