Tingkatkan Budaya Baca, Dinas Perpustakaan Pangandaran Maksimalkan Perpus Keliling

Perpustakaan keliling berupa dua unit sepeda motor yang akan melakukan jemput bola ke masyarakat. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Guna memaksimalkan budaya literasi di masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pangandaran mengerahkan semua bantuan berupa mobil dan motor perpustakaan keliling dari Perpusnas RI tahun angagran 2017.

Menurut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran, Sobirin, bahwa pihaknya dari Perpusnas RI mendapatkan dua unit motor perpustakaan keliling tersebut  untuk perpustakaan Komunitas Sabalad di Parigi dan satu unit mobil perpustakaan keliling diperuntukkan dinasnya.

“Sasaran bantuan tersebut tentunya untuk membantu daerah dalam memberikan layanan perpustakaan agar bisa menjangkau seluruh masyarakat tanpa dibatasi oleh kampung atau kota,” jelas Sobirin pada Koran HR di ruang kerjanya, Selasa(27/2/2018).

Masih dikatakan Sobirin, dengan tersedianya buku bacaan yang ada dan bisa dipinjam oleh masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca seperti yang dicanangkan pemerintah. Jadi, dengan keberadaan perpustakaan keliling tersebut, minimalnya tidak ada alasan lagi masayrakat untuk tidak baca buku.

“Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kota karena perpustakaan keliling akan menyambangi masyarakat. Nanti ada jadwalnya sendiri dan durasi pinjamannya sudah ditentukan. Jadi ini salah satu solusi dari jumlah buku yang ada di kami, apalagi kita belum ada gedung perpustakaan,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar