Tingkatkan Kreatifitas Siswa, UPT Pendidikan di Pangandaran Gelar Lomba Literasi

Lomba literasi di UPT Pendidikan Padaherang. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com)

Dalam rangka meningkatkan minat baca dan tulis, Disdikpora Pangandaran melalui UPT Pendidikan yang ada di Pangandaran menggelar lomba literasi tingkat Sekolah Dasar (SD).

Seperti yang dilaksanakan di UPT Pendidikan Padaherang, lomba literasi tersebut bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter di lingkungan sekolah, memberikan edukasi dalam membentuk pola pikir siswa untuk mencapai prestasi melalui peningkatan budaya literasi.

“Dengan lomba literasi ini, kita ingin muncul bibit unggul dalam hal prestasi. Apapun itu nama perlomabaannya, pada dasarnya kita harap ada dampak positif terhadap siswa,” jelas Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Padaherang, Endang, kepada Koran HR, Senin (05/03/2018).

Totong Solihin, Ketua Panitia Lomba Literasi UPT Pendidikan Padaherang, mengatakan, dalam perlombaan tersebut di antaranya lomba pantun dan lomba syair. Perlombaan ini, kata ia, setara dengan lomba baca tulis yang mana mengasah kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

“Ada 86 perserta yang masing-masing dari putra dan putri itu ada 43 siswa. Kita juga siapkan juri dari guru yang profesional dan juaranya nanti akan melanjutkan ke tingkat yang lebih atas, yakni tingkat Kabupaten,” terangnya.

Terpisah, Kadisdikpora Pangandaran, Surman, menyatakan pihaknya menyambut baik perlombaan tersebut yang digelar di semua UPT Pendidikan yang ada. Ia harap, dair perlombaan tersebut para peserta mampu berpikir luas dalam hal membuat pantun serta syair yang tentu akan berdampak baik pada siswa.

“Lomba ini tidaklah mudah, tinggal bagaimana kemampuan dan kecerdasan siswa itu sendiri dalam mengembangkan keahliannya merangkai kata-kata yang sesuai. Apalagi ini hasil mereka sendiri, kita sangat bangga sekali,” katanya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar