Tips Mudah Membersihkan Layar Smartphone agar Tetap Kinclong

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- sering dipegangnya smartphone setiap waktu, tentu akan membuat smartphone tersebut kotor dan juga menjadi sarang buat bakteri.

Bahkan menurut penelitian, bakteri di smartphone 18 kali lebih banyak ketimbang bakteri yang berada di pegangan toilet.

Yang menjadi masalah adalah kurangnya informasi bagaimana membersihkan smartphone dari bakteri. Pasalnya, kebanyakan pengguna ponsel cerdas, hanya membersihkannya cukup dengan menggosok layarnya dengan menggunakan kain saja, padahal cara tersebut tidak akan membuat bakteri cepat hilang.

Lantas bagaimana cara membersihkan smartphone yang baik, sehingga benar-benar bersih? Nah berikut ini tipsnya seperti dikutip dari laman Mashable, belum lama ini.

Langkah pertama sebelum membersihkan yaitu mematikan terlebih dulu smartphone, kemudian copot baterai (untuk yang bisa dicopot), serta asesoris lainnya yang nempel di smartphone.

Mematikan smartphone dengan mencopot daya baterai adalah bertujuan agar ponsel tidak akan bermasalah setelah dibersihkan, karena ditakutkan bahan untuk membersihkan masuk ke dalam smartphone.

Setelah itu, siapkan campuran bahan 60% air bersih serta 40% cairan isopropil alkohol. Atau bisa juga air dengan cuka yang perbandingan campurannya 50:50.

Bahan lainnya yang perlu disiapkan yaitu kain lembut tapi tidak berbulu. Bisa menggunakan kain pembersih kacamata atau kain lainnya yang bisa mermbersihkan noda, sidik jari atau minyak, asal jangan memakai handuk.

Cara membersihkannya yaitu jangan menyemprotkan campuran air tersebut langsung ke layar smartphone, karena itu akan merusak layar. Cukup dengan basahi ujung kain pembersih saja.

Setelah itu, gosok layar dengan perlahan-lahan, jangan sampai ditekan saat menggosok. Sesudah itu, untuk mengeringkan layar yang basah pakai ujung kain lainnya yang kering.

Sedangkan untuk bagian kotoran kecil yang berada di sela-sela atau sudut smartphone seperti lubang port charging, cara membersihkannya Anda bisa memakai cotton bud atau kapas. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA