UPT Pendidikan Kalipucang Pangandaran Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Pekan Olahraga Tradisional (POT) tingkat kecamatan Kalipucang. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- UPT Pendidikan Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran menggelar Pekan Olahraga Tradisional (POT) tingkat kecamatan yang diikuti oleh semua Sekolah Dasar (SD), Rabu (28/03/2018).

Rundana, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kalipucang, mengatakan, kegiatan perlombaan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar di lingkungannya. Di antara lomba olahraga tradisional tersebut, adalah lomba egrang, gobag sodor, dogongan, bakiak, pencak silat serta lainnya.

“Dalam perlombaan ini ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, akan tetapi memerlukan konsentrasi dan kekompakan tim. Pada prinsipnya, lomba ini guna memupuk kebersamaan, kreativitas serta kecintaan terhadap olahraga tradisional,” jelasnya.

Ia harap, ke depan olaharaga maupun permainan tradisional bisa semakin dikenal dan lestari di masyarakat. “Di Jawa Barat sangat banyak sekali jenisnya. Maka dari itu sangat perlu untuk dikembangkan lagi agar para generasi saat ini lebih kenal dengan warisan leluhur kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Pangandaran, Surman, menyampaikan, olahraga dan permainan tradisional sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan oleh semua pihak, terutama di lembaga pendidikan yang berada di bawah naungannya.

“Kami minta bermain yang sprotif dan bisa meraih prestasi. Sebab, sebelumnya Pangandaran meraih prestasi tingkat provinsi cabor egrang. Mudah-mudahan nanti ada lagi dari Pangandaran yang berprestasi di tingkat provinsi,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA