UPT Pendidikan Padaherang Pangandaran Lestarikan Budaya Sunda

Lomba pasanggiri tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Padaherang. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka mengenalkan budaya sunda di kalangan pelajar, UPT Pendidikan Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menggelar lomba pasanggiri tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Padaherang, Senin (19/03/2018).

Lomba pasanggiri yang diikuti oleh 43 sekolah di lingkungan UPT Pendidikan Kecamatan Padaherang ini disambut antusias siswa. Para peserta yang ikut lomba ini di antaranya unjuk kabisa dalam membaca sajak sunda, mendongeng dengan bahasa sunda, menulis dan membaca aksara sunda, menyanyikan kawih (lagu) sunda maupun pupuh berbahasa sunda.

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Padaherang, Endang, mengatakan, lomba pasanggiri sunda ini merupakan upaya pengenalan dan pelestarian kebudayaan sunda kepada siswa. Ia yakin, melalui kegiatan seperti ini sangat efektif untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kebudayaan lokal yang memang seharusnya dijaga dan dilestarikan.

“Sekarang sudah zamannya modern, semua serba digital. Agar budaya kita tetap terjaga dengan baik, makanya kegiatan seperti ini sangat perlu sekali guna menumbuhkan rasa memiliki terhadap budaya sendiri,” kata Endang kepada Koran HR, Senin (19/03/2018).

Menanggapi penyelenggaraan kegiatan ini, Endis, salah satu guru kesenian yang juga Kepala Sekolah di Padaherang, sangat menyambut positif acara pasanggiri ini. Ia harap para pelajar, khususnya peserta, dapat mengembangkan berbagai hal yang berkaitan dengan budaya sunda di kehidupan sehari-hari. Pasalnya, selain sudah menjadi keharusan untuk melestarikan budaya sendiri, juga untuk meraih prestasi di tiap tingkatan.

“Para pemenang dalam lomba ini sudah barang tentu ada yang berhak menjadi juara. Dari itu kita harapkan para pemenang bisa menjadi perwakilan untuk merebut prestasi di tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar