Warga Banjar Dihibur Wayang Ajen

Pagelaran Wayang Ajen di Kota Banjar pada puncak HUT Kota Banjar ke-15 di Taman Kota Lapang Bakti Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ribuan warga Banjar dan sekitarnya dihibur pagelaran Wayang Ajen di Taman Kota Banjar dengan mengusung tema Wisata Edukasi Anak Banjar Gemar Wayang , Sabtu (17/03/2018).

Selain dihadiri oleh ribuan warga, acara yang digelar Pemkot Banjar melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) tersebut juga dihadiri para pejabat di Banjar seperti KPU, Kapolres, Setda, jajaran SKPD, serta tamu undangan dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Dari informasi yang dihimpun, pagelaran Wayang Ajen dengan Dalang Ki Wawan Gunawan asal Ciamis tersebut didukung oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) melalui brand Pesona Indonesia. 

Perlu diketahui, Wayang Ajen merupakan kelompok seni wayang yang sangat familiar, bahkan sudah melanglangbuana ke 51 negara. Bukan hanya sekedar menghibur, Wayang Ajen juga sarat dengan nilai-nilai budaya serta kritik sosial yang disampaikan dengan begitu apik. Bahkan, pesan yang disampaikan juga sangat erat dengan persoalan kekinian.

Nana Suryana, Kepala Disporapar, mengatakan, pagelaran Wayang Ajen tersebut merupakan salah satu upaya mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat agar lebih cinta terhadap kebudayaan dan kesenian warisan leluhur. 

“Ke depan kita ingin pagelaran seperti ini jadi kalender tahunan di Kota Banjar yang mana selain menghibur masyarakat, juga meningkatkan destinasi-destinasi yang ada di Banjar. Dari kegiatan, minimal masyarakat Banjar mulai dari usia dini hingga dewasa kenal dengan budaya kita, khusunya di Jawa Barat,” katanya kepada HR Online di sela-sela kegiatan. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar