Warga Cimerak Pangandaran Gelar Acara Panen Raya Duku Rantobatang

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinta, saat memberikan sambutan dalam acara Panen Raya Duku di Desa Mekarsari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Photo: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tak hanya terkenal dengan wisata pantainya, namun juga dengan agro wisatanya. Untuk itu, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, sangat memperhatikan hasil-hasil perkebunan masyarakatnya.

Salah satu agro wisata tersebut berada di Daerah Istimewa Kampung Duku Cagar Budaya Situs Rantobatang, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, dengan hasil unggulannya buah duku.

Sebagai rasa syukur, warga Desa Mekarsari menggelar acara Panen Raya Duku. Acara ini dihadiri Bupati Pangandaran beserta sejumlah pejabat lingkup Pemkab. Pangandaran, Jum’at (02/03/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Pangandaran. H. Jeje Wiradinata, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi acara Panen Raya Duku yang digelar warga Desa Mekarsari ini.

“Panen raya duku ini menarik sebetulnya, bisa dijual jadi wisata. Perkebunan duku di Desa Mekarsari ini letaknya berada di Situs Cagar Budaya Rantobatang, yang merupakan makam dari Syeh Arya Pedoman dan Syeh Arya Wangi. Sehingga, tempat ini merupakan perpaduan antara wisata religi dan agro wisata,” katanya.

Jeje juga menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan terus mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata di Kecamatan Cimerak, termasuk wisata agro juga wisata religinya.

Sementara itu, Camat Cimerak, H. Agus, menambahkan, acara Panen Raya Duku ini diselenggarakan setiap tahun, yakni antara bulan Februari, Maret atau April.

Lahan yang ditanami pohon duku di Desa Mekarsari ini luasnya mencapai 16 hektar, dan dikelola oleh desa serta masyarakat. Yang menarik dari kegiatan tersebut adalah adanya acara rebutan buah duku.

Warga berebut duku yang langsung dijatuhkan dari pohonnya. Selanjutnya, kegiatan Panen Raya ini ditutup dengan penanaman pohon duku secara simbolik oleh Bupati Pangandaran. (Mad/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar